Beranda Gaya Hidup Setelah Olahraga, Kok Badan Malah Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya!

Setelah Olahraga, Kok Badan Malah Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya!

148
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Olahraga adalah sebuah aktivitas kebugaran yang dilakukan dengan berbagai macam gerakan serta teknik tertentu. Olahraga sendiri memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan fisik serta mental seseorang. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang terobsesi hidup sehat dengan rutin melakukan olahraga setiap hari.

Namun, dalam kasus lain, ada sebagian orang yang tidak mendapat kebugaran ketika rutin berolahraga. Alih-alih menjadi bugar, justru yang didapat adalah rasa sakit dan nyeri pada beberapa bagian tubuh. Pernahkah Anda mengalami hal seperti itu? Apa yang menyebabkan rasa sakit tersebut?

Hal ini memang sering terjadi pada sebagian orang, terutama bagi yang telah lama tidak berolahraga. Sebenarnya, rasa sakit dan nyeri tersebut berasal dari otot yang luka. Tak jarang, akibat dari rasa nyeri tersebut, membuat sebagian orang menjadi enggan dalam melanjutkan olahraga. Padahal, dengan berhenti berolahraga, rasa sakit itu akan semakin menjadi-jadi.

Dalam istilah medis, hal tersebut disebut sebagai DOMS (Delayed Onset Muscle Sense), yang artinya telah terjadi kerusakan pada sel-sel otot tertentu pada tubuh. Luka dan sobek pada otot tersebut diakibatkan efek kaget yang dialami otot ketika berlatih. Maka dari itu, setiap pemula pasti mengalami hal yang satu ini. Berbeda dengan orang yang rutin berlatih, otot tak akan kaget, justru otot akan semakin kuat dan terbentuk secara alami.

Biasanya, rasa nyeri tersebut akan berlangsung selama lebih dari 12 jam. Namun, jika semakin diam, maka akan semakin sakit rasanya. Untuk itu, disarankan agar tetap berlatih, walau dalam gerakan ringan saja, misalnya berjalan atau sekedar pemanasan. Setelah rasa sakit tersebut hilang, maka Anda tidak akan merasakan sakit pada latihan berikutnya karena otot telah terlatih.

Jika sudah seperti itu, maka Anda bisa meningkatkan intensitas olahraga dengan menambah gerakan ataupun menambah jam latihan. Semakin hari jika Anda rutin berolahraga, maka kemampuan otot pun semakin terlatih sehingga olahraga menjadi hal yang sangat menyenangkan. (Red)

Sumber : doktersehat.com