Beranda Pendidikan Kwarcab Kota Tangerang Lantik Pengurus Saka Kalpataru

Kwarcab Kota Tangerang Lantik Pengurus Saka Kalpataru

Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Tangerang melantik pengurus Satuan Karya (Saka) Kalpataru yang bergerak dalam lingkungan hidup periode 2022-2027 - foto istimewa

TANGERANG – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Tangerang melantik pengurus Satuan Karya (Saka) Kalpataru yang bergerak dalam lingkungan hidup periode 2022-2027, berlangsung di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Selasa sore (13/12/2022).

Diketahui, Saka Kalpataru kembali aktif setelah lama vakum sejak Covid-19. Pelantikan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana Kwarcab Kota Tangerang, Engkos A. Zarkasyi.

Dirinya berharap setelah pelantikan ini menjadi awal kembali Saka Pramuka Kalpataru untuk menjalankan misi serta berkarya dalam bidang lingkungan hidup.

“Setelah sebelumnya sempat vakum karena covid-19, pelantikan pengurus Saka Pramuka Kalpataru dapat menjalankan misi dan berkarya di bidang lingkungan hidup, dan pastinya Kwarcab Pramuka Kota Tangerang akan terus mendampingi setiap pergerakan yang ada di Saka yang berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup,” ujar Engkos.

Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar yang juga dilantik menjadi pengurus Saka Pramuka Kalpataru menjelaskan bahwa DLH bertanggung jawab dalam membina anggota pramuka dari Saka Kalpataru yang nantinya bertugas dalam menata kelola lingkungan hidup di wilayahnya masing-masing. Dimana memiliki 3 Krida, yakni Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Krida Perubahan Iklim, serta Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati.

“Saka Pramuka Kalpataru ditingkat penegak dan pandega, dimana Dinas Lingkungan Hidup memiliki kewajiban membina adik-adik anggota dari Saka Kalpataru sendiri. Nantinya mereka akan bertugas sebagai satuan pramuka kepada masyarakat yaitu bagaimana menata kelola lingkungan hidup di wilayahnya masing-masing, dimana Kalpataru merupakan pohon kehidupan,” jelas Tihar.

Saka Pramuka Kalpataru secara Nasional telah berdiri sejak 5 Desember 2013, yang masa kepengurusannya selalu berganti setiap lima tahun sekali. Dan setelah pelantikan kepengurusan, selanjutnya akan dilakukan pelantikan anggota dari Saka Pramuka Kalpataru.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini