Beranda Pariwisata Kunjungi Desa Cikolelet, Sandi Bagikan Bantuan untuk Perajin UMKM

Kunjungi Desa Cikolelet, Sandi Bagikan Bantuan untuk Perajin UMKM

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Desa Wisata Cikolelet. (Nindia/bantennews)

KAB. SERANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Sabtu (2/10/2021).

Sandi tiba di Kampung Kopi, Desa Cikolelet sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan Innova Venturer RI 46. Kedatangannya disambut dengan tarian yang ditampilkan oleh warga.

Sandi nampak menikmati pertunjukkan yang ditampilkan oleh warga. Setelahnya ia menyimak paparan dari Ketua Pengelola Desa Wisata Cikolelet, Ojat Darojat tentang Desa Cikolelet.

Untuk diketahui, Desa Cikolelet termasuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf.

Tidak hanya meninjau, Sandi juga mengelilingi Desa Cikolelet dan melihat-melihat hasil produk UMKM. Ada yang menarik perhatiannya ketika berkeliling, ia menyempatkan diri berhenti di kelompok perajin olahan emping yang sedang menumbuk melinjo untuk dijadikan emping.

“Ibu butuh apa? Coba sebutkan apa saja kebutuhannya untuk usaha ini,” ujar Sandi kepada ibu-ibu pengolah emping, Sabtu (2/10/2021).

Salah satu perajin olahan melinjo tersebut menjawab bahwa selama mengolah melinjo dirinya sangat membutuhkan peralatan yang memadai dan modal juga menjadi salah satu kendalanya.

“Ini peralatannya kurang pak, untuk modal juga,” kata.

Mendengar hal itu, Sandi meminta perwakilan dari perajin tersebut untuk menghitung berapa jumlah yang dibutuhkan dan didapat sebesar Rp3 juta rupiah.

Sandi langsung menyerahkan sejumlah uang tunai kepada kelompok perajin olahan melinjo itu.

“Ibu ini saya kasih langsung ya, semoga usahanya lancar dan nanti berkembang,” kata Sandi.

Mendapatkan bantuan tersebut, perwakilan yang menerima bantuan tersebut sangat antusias dan senang. “Terima kasih pak Sandi semoga usahanya bisa lancar,” ujarnya seraya menerima bantuan tersebut.

Sandi juga memberikan bantuan langsung kepada perajin lainnya salah satunya perajin olahan jamur.

Di tengah perjalanan menuju Imah Awi Gerai Ekraf yang merupakan pusat souvenir dan oleh-oleh Desa Cikolelet, Sandi disambut oleh Kelompok Rampak Kasidah yang menyanyikan lagu berjudul Desa Cikolelet.

Sandi yang terpukau dan menikmati irama dari musik tersebut terlihat ikut menggerakkan badan. Ia juga menyapa warga dan membagikan beberapa bingkisan kepada warga.

Tiba di puncak acara, Sandi meresmikan Desa Cikolelet sebagai Desa Wisata sesuai ADWI 2021.

“Desa Cikolelet bisa seperti ini juga peran dari Mang Ojat yang sudah berpilar pada tujuh pilar pariwisata,” kata Sandi.

Sandi berharap dengan terpilihnya Desa Cikolelet sebagai Desa Wisata dapat memasarkan wisatanya tersebut dan terus berkembang.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini