Beranda Peristiwa Kukuhkan FSPP Kabupaten Serang, Bupati: Peran Pesantren di Dunia Pendidikan Penting

Kukuhkan FSPP Kabupaten Serang, Bupati: Peran Pesantren di Dunia Pendidikan Penting

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah resmi mengukuhkan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang

KAB. SERANG – Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah resmi mengukuhkan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang pada Rabu (16/3/2022).

Dalam acara yang digelar di Tennis Indoor Pemkab Serang tersebut, Tatu menegaskan bahwa pesantren memiliki peran yang cukup vital dalam memberikan pendidikan karakter dan akhlak kepada masyarakat sebagai pondasi di tengah maraknya era digitalisasi.

“Posisi pendidikan pondok pesantren sangat strategis, karena dengan era globalisasi dan semua gadget di tangan anak-anak, semua informasi bisa masuk. Kalau tidak dibekali dengan akidah dan agama yang baik maka ini membahayakan bagi masa depan mereka,” ujar Tatu pada Rabu (16/3/2022).

Menurut Tatu, Pemkab Serang butuh sinergi dari para pimpinan pondok pesantren dalam menyelaraskan program pendidikan. Ia pun berkomitmen tidak membedakan pendidikan formal maupun pondok pesantren.

“Para ulama dan ustad yang memiliki pondok pesantren, memiliki peranan penting dalam bidang pendidikan,” kata Tatu.

Tatu meminta para pimpinan pondok pesantren dapat membekali para santri dengan ilmu pengetahuan umum dan pemberdayaan ekonomi. Oleh karena itu, pimpinan pondok pesantren juga bisa mengajukan program pemberdayaan ekonomi pesantren. Program-program Pemkab Serang yang bisa diturunkan ke pondok pesantren yaitu mulai dari program perikanan, peternakan, pertanian, dan perkebunan. “Soal program ini, kita bisa duduk bersama,” imbuh Tatu.

Sejak memimpin Pemkab Serang, Tatu berkomitmen membantu sarana prasarana pondok pesantren dengan setiap tahunnya anggaran dialokasikan untuk program rehabilitasi pondok pesantren.

“Dengan keterbatasan anggaran, ada 20 pondok pesantren yang dibantu rehabilitasinya setiap tahun. Bergantian dengan prioritas yang harus terbantu,” jelas Tatu.

Ketua Presedium FSPP Kabupaten Serang Ustad Faturrahman mengatakan, pihaknya bersinergi baik dengan Pemkab Serang untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Serang melalui pondok pesantren. Bahkan menurutnya, Pemkab Serang juga selalu memberikan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi oleh para pimpinan pondok pesantren.

“Tahun ini pun, FSPP mendapatkan hibah dari Pemkab Serang,” kata Faturrahman.

Ia pun sepakat untuk memajukan pendidikan diperlukan kerjasama antara Pemkab Serang dengan semua elemen termasuk kalangan pondok pesantren.

“Tugas mencerdaskan anak bangsa, bukan hanya tugas aparatur sipil negara, tetapi oleh kita semua, termasuk para pimpinan pondok pesantren. Kita akan terus jalankan pengajian rutin, dan pengajian-pengajian di tingkat kecamatan serta desa juga berjalan,” ungkap Faturrahman.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini