Beranda Kesehatan KSB Pandeglang Ajak Masyarakat Terapkan Gerakan 3M

KSB Pandeglang Ajak Masyarakat Terapkan Gerakan 3M

Ketua Forum Komunikasi Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Pandeglang, Beni Madsira.

PANDEGLANG – Ketua Forum Komunikasi Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Pandeglang, Beni Madsira mengajak semua anggota KSB dan masyarakat untuk ikut serta membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan gerakan 3M.

Kata Beni, selama ini KSB selalu intens melakukan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat tentang bagaimana pencegahan penularan wabah Covid-19 dengan cara menugaskan semua anggota KSB yang ada di desa-desa agar mereka melakukan edukasi.

“Di tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten selalu mengimbau pada para Ketua KSB agar terus melakukan edukasi, sosialisasi tentang bahaya Covid-19 ini dan menggunakan protokol kesehatan seperti gerakan 3 M,” ucap Beni, Jumat (9/10/2020).

Beni menekankan, bagi warga yang akan pergi ke pasar atau pergi ke pusat keramaian agar wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Selain menggunakan masker dan jaga jarak, dia juga mengimbau pada warga yang sudah bepergian jauh agar untuk membersihkan diri sebelum masuk ke rumah.

“Pada warga yang habis bepergian jauh saya juga menyarankan agar jangan dulu masuk ke rumah sebelum bersih-bersih seperti bersih badan, pakaian, cuci tangan atau bagaimana caranya supaya ketika bercengkrama dengan keluarga kita sudah bersih karena dikhawatirkan virus itu menempel di baju, terus kan kalau kita pulang biasanya anak itu langsung kontak dengan kita kaya salaman, pelukan dan itu kan bisa bahaya juga,” pesannya.

Kata dia, pada saat ramai virus Corona dari KSB Pandeglang rutin melaksanakan penyemprotan disinfektan setiap seminggu sekali serta pembagian masker gratis untuk warga. Namun untuk saat ini penyemprotan hanya dilakukan sebulan sekali mengingat masyarakat juga sudah banyak yang bisa melakukan penyemprotan secara mandiri.

“Kalau penyemprotan disinfektan kami sekarang sudah tidak melakukan lagi, kalau kemarin-kemarin kami rutin melaksanakan seminggu sekali tapi kalau sekarang paling kami jadwalkan sebulan sekali untuk dilaksanakan. Pembagian masker juga sudah kami lakukan berkali-kali di awal ramai pandemi ini, kami juga selalu komunikasi dengan tim gugus tugas kecamatan dan Dinsos terkait penanggulangan Covid-19 ini,” tambahnya. (Med/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ