Beranda Peristiwa Ratusan Rumah Warga Panimbang Terendam Banjir

Ratusan Rumah Warga Panimbang Terendam Banjir

Banjir merendam ratusan rumah warga dan jalan raya Citeureup - Cibaliung

PANDEGLANG – Akibat diguyur hujan sejak Kamis (20/1/2022) malam tadi, ratusan rumah di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, terendam banjir. Selain merendam rumah warga, air juga merendam jalan raya Citeureup-Cibaliung.

Ratusan rumah warga itu berada di Kampung Babakan Tengah, Karet, Reunghas, Sukamaju dan Lebak Buah. Ketinggian air diperkirakan mencapai pinggang orang dewasa.

Warga sekitar, Uup Hermawan mengatakan, ketinggian air mulai naik dan merendam pemukiman warga sejak pukul 03.00 WIB tadi malam. Naiknya air itu diakibatkan oleh luapan aliran sungai yang berada di desa tersebut.

Selain itu, warga menduga genangan air akibat adanya bangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) yang dibangun oleh BUMN menghalangi aliran air ke daerah yang lebih rendah.

“Sebelum ada Sutet memang suka banjir, tapi setelah ada Sutet banjirnya semakin parah. Apalagi rumahnya yang dekat Sutet pasti terendam, karen aliran airnya tidak jalan,” kata Uup.

Sementara itu Kepala Desa Citeureup, Oman Suherman membenarkan kondisi itu. Setidaknya ada 364 rumah yang terendam di antaranya di Kampung Reunghas sebanyak 120 unit, Karet 87 unit, Babakan Tengah 45 unit, Sukamaju 89 dan Lebak Buah 23 unit.

“Iya ada ratusan rumah yang terendam, sudah kami data dan akan dilaporkan ke Dinas terkait,” ucapnya. (Med/Red)