Beranda Bisnis Krakatau Posco Bantu Perkuat Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat

Krakatau Posco Bantu Perkuat Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat

Krakatau Posco Bantu Perkuat Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat

CILEGON – PT Krakatau Posco menjalankan komitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat sekitar industri. Implementasi kegiatan ini tidak hanya terbatas pada konsumen dan para pemasok, tetapi juga dengan mitra bisnis lainnya yang bagian dari masyarakat terdekat area operasi.

Dalam melakukan hal ini, perusahaan baja itu menjalin kerja sama dengan berbagai mitra untuk membantu kegiatan operasi perusahaan baik yang terkait dengan bisnis inti maupun, yang di luar bisnis inti. Sepanjang tahun 2022 PT Krakatau Posco telah bermitra lebih dari 40 mitra bisnis lokal dengan keterlibatan 4.950 pekerja yang mayoritas adalah pekerja lokal.

Department Head Public Relation & General Affair, Edwin Sumiroza mengatakan, angka tersebut diluar karyawan PTKP, komitmen perusahaan dalam menjalankan corporate citizenship akan terus dilakukan. Perjalanan dan perkembangan perusahaan harus dapat berjalan selaras dengan kemajuan masyarakt sekitar.

“Kami memegang teguh prinsip untuk menciptakan ekosistem industri yang kuat bersama mitra bisnis dengan cara meraih kebersamaan dan tumbuh bersama atas dasar budaya saling menghormati dan menghargai”, ungkap Edwin, Selasa (27/9/2023).

Upaya untuk tumbuh dan berkembang juga tidak hanya dalam kegiatan bisnis perusahaan, melainkan juga dalam hal pengembangan sumber daya manusia masyarakat sekitar. Pada 7 September lalu, Krakatau Posco membuka kelas bahasa Korea K-Dream yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai bahasa dan budaya Korea yang bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon.

Kelas K-Dream diikuti oleh 20 orang siswa yang terdiri dari masyarakat sekitar, angkatan kerja dan calon kandidat tenaga kerja migran yang direkomendasikan Disnaker Cilegon yang bertujuan untuk membantu para pemuda/i agar mampu berbahasa dan memiliki pengetahuan Korea dengan baik sehingga akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bekerja di perusahaan Korea seiring dengan maraknya investasi asal Korea di kawasan industri.

Helldy Agustian selaku Walikota Cilegon mengungkapkan keyakinannya akan keberhasilan kelas Bahasa Korea ini.

“Saya yakin Kelas Bahasa Korea ini sangat bermanfaat untuk bekal komunikasi menghadapi dunia pekerjaan, dimana nantinya kebutuhan-kebutuhan industri terkait SDM yang mampu berbahasa Korea itu bisa difasilitasi dari kelas belajar ini,” ujar Helldy.

Selain itu, pada 14, 19, 21 September 2023 bertempat di Graha POSCO CLC diberikan pelatihan dengan tema “Kiat Sukses Menghadapi Proses Rekrutmen (Rec-Class)”. Dalam pelatihan ini diberikan materi yang komprehensif, terdiri dari pemberian basic mentality and motivation, penulisan CV yang efektif, strategi mengerjakan psikotes, tips and trick wawancara, serta kiat-kiat menghadapi tes kesehatan untuk hasil terbaik. Pelatihan ini ditujukan untuk mempersiapkan para calon pelamar dalam menghadapi dunia kerja.

Seiring dengan maraknya investasi, Kota Cilegon sebagai kota industri akan menambah peluang lapangan pekerjaan. Krakatau Posco saat ini juga bersiap untuk pengembangan tahap ke-2. Perkembangan ini tentunya harus diikuti dengan peningkatan SDM sehingga penyerapan tenaga kerja lokal dapat lebih maksimal. Perwujudan ini akan meningkatkan kondusivitas, harmoni yang sejalan dengan pertumbuhan masyarakat yang terjaga. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini