Beranda Politik KPU Siapkan Logistik Hingga ke TPS Terpencil di Wilayah Banten

KPU Siapkan Logistik Hingga ke TPS Terpencil di Wilayah Banten

SERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang menggelar rapat koordinasi (rakor) tata kelola logistik Pemilu 2024 di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (28/11/2023). Rakor tersebut dihadiri oleh Ahmad Sujai, Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Banten.

Dalam rakor tersebut, Sujai menyampaikan bahwa logistik Pemilu 2024 di Banten sudah mulai diterima oleh KPU kabupaten/kota. Hingga saat ini, sudah ada beberapa jenis logistik yang diterima, mulai dari kotak suara, bilik pemungutan suara, segel plastik, tinta, dan segel kertas.

“Hari ini juga sedang dilaksanakan proses produksi surat suara untuk DPRD tingkat provinsi. Banten ini kan ada 8 kabupaten dan kota, ada 1555 kecamatan, 1552 desa atau kelurahan, 33.324 TPS,” kata Sujai.

Sujai juga menjelaskan bahwa idealnya proses distribusi logistik Pemilu 2024 dilakukan secara berjenjang dari KPU kabupaten/kota ke PPK, kemudian ke PPS. Hal ini untuk memastikan keamanan logistik.

“Logistik yang sudah dalam kotak, seperti surat suara, tinta, sampul, dan formulir, idealnya diterima KPPS satu hari sebelum hari H,” kata Sujai.

Untuk logistik yang akan dikirim ke TPS terpencil, Sujai mengatakan bahwa KPU Banten akan menggunakan perahu. Hal ini karena akses ke TPS terpencil tersebut sulit dilalui kendaraan roda empat atau roda dua.

“Untuk masalah TPS terpencil yang agak kesulitan untuk dilalui kendaraan roda 4 dan 2 ada di wilayah Kabupaten Serang. Itu ada di daerah Wargasara, Kecamatan Tirtayasa dan Pulau Panjang Kecamatan Pulo Ampel. Itu di wilayah Kabupaten Serang di Desa Wargasara ada 6 TPS dan Pulau Panjang 8 TPS. Selain itu juga ada di wilayah lain kaya di Lebak, di Baduy Itu kan agak repot juga. Seperti juga di daerah Pandeglang ada di daerah Cimanggu. Di wilayah Cibaliung,” ujarnya.

“Kami juga sudah menyiapkan biaya transportasi untuk pengiriman menggunakan moda perahu,” imbuhnya.

Sujai berharap rakor ini dapat menghasilkan kesepakatan bersama antara KPU, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya dalam rangka kelancaran distribusi logistik Pemilu 2024.(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini