Beranda Pemilu 2024 KPU Pandeglang Mulai Terima Surat Suara Pemilu 2024

KPU Pandeglang Mulai Terima Surat Suara Pemilu 2024

Ketua KPU Pandeglang Nunung Nurazizah (kedua dari kanan) menunjukkan surat suara Pemilu yang baru diterima dari percetakan - (Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang hari ini menerima logistik Pemilu berupa surat suara. Sebanyak 2 mobil boks surat suara langsung diamankan ke Gudang KPU Pandeglang yang berada di Jalan AMD Lintas Timur Kampung Samaboa, Kelurahan Kadomas, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Ketua KPU Pandeglang, Nunung Nurazizah menyampaikan, pihaknya belum mengetahui secara pasti jumlah surat suara yang dikirim langsung dari percetakan lantaran harus diperiksa ulang saat pelipatan. Hal itu untuk mengetahui berapa jumlah surat suara yang cacat atau rusak sehingga perlu dicek ulang.

Namun kata dia, jumlah surat suara yang dibutuhkan untuk Pemilu di Kabupaten Pandeglang sebanyak 1.017.590 lembar sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan oleh KPU Pandeglang. Selain jumlah tadi, sesuai aturan surat suara masih harus ditambah sebanyak 2 persen.

“Pada dasarnya kami belum tahu rincinya karena kami belum menghitung secara keseluruhan, ini kami belum melakukan sortir dan mungkin di proses sortir itu kami baru mengetahui apakah yang kami terima ini tepat jumlah, sesuai Dapil, gambar, terus adakah kerusakan atau kecacatan, mungkin kecacatan itu akan mengurangi jumlah yang kami terima hari ini. Untuk jumlah secara rincinya nanti setelah proses pelipatan surat suara,” kata Nunung disela-sela penerimaan logistik di Gudang KPU Pandeglang, Rabu (3/1/2024).

Menurut Nunung, pengiriman logistik dari berupa surat suara dari percetakan ke gudang KPU cukup lancar karena dikawal langsung oleh kepolisian bersenjata lengkap sehingga tidak ada hambatan selama diperjalanan.

Rencananya, surat suara tersebut akan langsung dilipat oleh petugas yang berada di gudang logistik. Diperkirakan, sekitar 50 orang akan ditugaskan untuk melakukan pelipatan surat suara.

“Untuk pelipatan kami mulai besok (Kamis 4 Januari 2024) dengan tenaga awal yang kami siapkan 80 orang tapi kabarnya beberapa orang masih terkendala di beberapa kabupaten/kota lain jadi besok itu akan diterjunkan 50 orang. Tapi karena ini surat PPWP jumlahnya memang banyak tetapi desainnya lebih kecil maka kami tetap optimis bisa menyelesaikan sesuai target selama 6 hari,” terangnya.

Namun Nunung mengaku masih menunggu beberapa logistik Pemilu yang belum dikirim dari percetakan salah satunya sampul dan undangan pemilih. “Surat suara yang hari ini diterima baru 1 jenis yakni surat suara Presiden saja, tapi untuk surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten dan DPD belum kami terima, kemudian sampul dan C6 atau undangan untuk memilih belum kami terima juga,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini