Beranda Politik KPU Pandeglang Lantik Ratusan Penyelenggara Pemilu Tingkat Kecamatan

KPU Pandeglang Lantik Ratusan Penyelenggara Pemilu Tingkat Kecamatan

Pengambilan sumpah ratusan PPK yang dilakukan oleh KPU Pandeglang

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang melantik sebanyak 175 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Pandeglang untuk Pemilu 2024 mendatang. Nantinya, ratusan PPK tersebut akan ditempatkan di 35 kecamatan yang ada di Pandeglang.

Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Ahmad Suja’i mengatakan, sesuai ketentuan bahwa KPU Pandeglang harus melantik PPK yang telah lulus tes ditetapkan di tanggal 4 Januari 2023. Setelah itu, mereka akan dibagi masing-masing 5 orang di setiap kecamatan.

“Alhamdulilah sudah dilaksanakan, jumlah Anggota PPK yang dilantik sesuai dengan kebutuhan diatur oleh peraturan lima orang per kecamatan. Berarti secara keseluruhan itu ada 175 orang untuk dibagi sebanyak lima orang per kecamatan,” kata Suja’i Rabu (4/1/2023).

Suja’i menjelaskan, setelah dilantik selanjutnya dilaksanakan pleno untuk memilih ketua PPK dan setelah itu mereka juga harus mengusulkan nama calon sekretaris dan staf sekretariat.

“Jadi tidak berleha-leha tetapi langsung tancap gas, karena secara ketentuan salah satu tugas PPK, selain menjalankan tahapan yang ada di kecamatan tapi juga harus menjalankan tugas lain yang tentunya diberikan oleh KPU kabupaten dan kota,” jelasnya.

Ia melanjutkan, masih di bulan Januari ini KPU akan kembali membuka rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di 326 desa dan 13 kelurahan. Pelaksanaan seleksi PPS akan dilaksanakan tes tulis menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) pada tanggal 6-9 Januari di SMK Negeri 2 Pandeglang.

“ecara teknis ini bukan pertama kali, terutama bagi orang sudah pernah menjadi penyelenggara. Tahun 2024 ini kan, modelnya sama di Pemilu 2019, ada lima jenis surat suara tapi yang membedakan di tahun yang sama melaksanakan kegiatan tahapan untuk pemilihan kepala daerah baik untuk provinsi maupun kabupaten kota seperti itu,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini