Beranda Uncategorized KPU Pandeglang Buat Strategi Pencoblosan di Wilayah Terdampak Banjir

KPU Pandeglang Buat Strategi Pencoblosan di Wilayah Terdampak Banjir

Ahmad Suja'i. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Pandeglang mempersiapkan sejumlah strategi pemungutan suara di beberapa wilayah yang terdampak banjir. Strategi itu seperti pergeseran lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga pemungutan suara susulan.

Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i menyampaikan, untuk penempatan lokasi TPS nanti petugas TPS bisa melihat kondisi terkini di wilayah tersebut. Jika di lokasi awal masih mengalami banjir maka petugas TPS bisa memindahkan lokasi itu ke titik lain yang tidak terendam banjir.

“Kecuali misalkan di desa itu sudah tidak ada lokasi satupun untuk dijadikan TPS baru nanti ada proses kegiatan pemungutan susulan. Tapi sampai detik ini mulai dari Patia, Sukaresmi di desa itu masih banyak untuk dijadikan lokasi TPS tinggal bagaimana cara mendorong logistik itu ke TPS dengan aman,” kata Suja’i, Selasa (8/12/2020).

Suja’i menjelaskan, selain pergeseran lokasi TPS hal yang paling dimungkinkan dilakukan oleh KPU jika banjir masih terjadi ialah melakukan penundaan pemungutan suara. Tapi dengan catatan di desa tersebut sama sekali tidak ada lokasi yang bisa dijadikan untuk mendirikan TPS.

“Akan dilakukan penundaan tapi berdasarkan konsolidasi kami di internal, titik di Pandeglang juga dari dulu suka banjir tapi meski banjir yang cukup besar sekalipun masih ada titik ataupun lokasi yang tidak tergenang banjir,” jelasnya.

“(Pemungutan suara susulan) paling lama sepuluh hari setelah pemungutan, kan dilihat situasi. Tapi yang jelas proses penundaan itu banyak prosedurnya, pertama rapat koordinasi dulu dengan berbagai instansi terus harus ada masukan dan sebagainya,” sambungnya.

Namun dirinya memastikan bahwa logistik Pilkada di wilayah-wilayah yang terdampak banjir masih aman karena masih berada di Gudang Logistik PPK dan baru hari ini digeser ke PPS. Sedangkan untuk daerah lain yang tidak terdampak banjir, logistik Pilkada sudah dilakukan pergeseran sejak kemarin.

“Sampai saat ini penyimpanan logistik di PPK masih dalam keadaan aman, kan kalau Kecamatan Patia, Sukaresmi sama Sobang ini masih di PPK dalam keadaan aman tapi kalau untuk Bojong Pandeglang, Majasari (daerah yang tidak banjir) itu sudah bisa didorong. Sampai saat ini tidak ada masalah dan mudah-mudahan tidak turun hujan,” ujarnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ