Beranda Pariwisata Kota Serang Punya Taman Baru Cocok untuk Transit Para Wisatawan

Kota Serang Punya Taman Baru Cocok untuk Transit Para Wisatawan

Taman Petak Papat Serang

SERANG – Kabar gembira untuk masyarakat Kota Serang dan sekitarnya, karena ada satu taman baru yang menarik sebagai alternatif buat warga Kota Serang dan pendatang dari luar Kota Serang.

Taman Petak Papat, taman yang berdiri di dekat kawasan Gerbang Tol Serang Timur, Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang tersebut menampilkan pemandangan yang menarik di tengah pusat Kota Serang yang hiruk pikuk dengan lalu lintas kendaraan.

“Pagi ini kita mensyukuri satu lagi kreativitas Insan Astra Infra Toll Tangerang-Merak, yaitu Taman Petak Papat Serang, sebagai bagian dari gerakan #AyoBangkit: Ikhtiar Untuk Negeri, menyiapkan infrastruktur sehat untuk ikhtiar sehat,” kata Presiden Direktur (Presdir) Astra Tol Tangerang-Merak Krist Ade Sudiyono usai meresmikan Taman Petak Papat di dekat Gerbang Tol Serang Timur, Kota Serang, Kamis (23/9/2021).

Ia menjelaskan Taman Petak Papat didirikan dengan semangat menyediakan ruang publik yang sehat, ramah, dan produktif (value creation) sesuai dinamika masyarakat Serang dan Banten pada umumnya.

Selain sebagai sarana olahraga, presentasi kreativitas kesenian lokal, dan kegiatan ekonomi produktif, Petak Papat juga dimaksudkan menjadi wadah interaksi sosial silaturahmi keberagaman masyarakat Banten yang pluralis dan religius.

“Dibangun dengan mengkedepankan konsep zona / petak yang bertumbuh, dengan nama Taman “Petak Papat” Serang,” ucapnya.

Dikatakan Ade, taman ini memiliki empat petak zona pengembangan dengan fungsi dan tema tersendiri. Petak 1 dengan nama Bale Bagja Sarengan, merupakan ruang publik yang mengkedepankan konsep tempat berkumpul bersilaturahmi untuk mencari kegembiraan dan kebahagiaan (bagja) bersama (sarengan). Area ini akan didominasi oleh UMKM dan pusat kuliner lokal Banten.

Kemudian Petak 4 dengan nama Bale Among Rasa, merupakan ruang publik tempat mengolah rasa sembari menikmati pemandangan pesawahan yang asri dan gerbang tol Serang Timur, landscape gapura masuk ke wilayah Serang dan Banten. Kemudian Petak 2 & 3: Bale Bentang Pamekar, merupakan ruang publik yang akan menghubungkan (pamekar) petak 1 dan 4, sehingga bentangnya akan menjadi pemersatu dinamika masyarakat Serang dan Banten, baik melalui aktivitas olahraga, kesenian, ekonomi produktif, maupun sosial kemasyarakatan lain.

“Semoga ikhtiar kita diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, dan diterima kehadirannya oleh masyarakat Serang dan Banten pada umumnya,” ucapnya.

(Dhe/Red)