Beranda Pemerintahan Kontrak Kerja Sama Proyek PLTSa di Tangerang Belum Disepakati

Kontrak Kerja Sama Proyek PLTSa di Tangerang Belum Disepakati

TPA Sampah Rawa Kucing. (Rendi/bantennews)

KOTA TANGERANG – Perusahaan swasta pemenang lelang Pembangkit Listrik Tenanga Sampah (PLTSa) di Kota Tangerang telah ditetapkan yakni PT Oligo Infrastruktur Indonesia.

Namun, PT Tangerang Nusantara Global (TNG) sebagai BUMD yang manjadi penanggung jawab proyek PLTSa senilai Rp2,5 triliun itu menyatakan bahwa draft kontrak kerjasama masih belum disepakati.

Direktur Utama PT TNG Edi Candra mengatakan draft kontrak harus dibuat hati-hati. Sebab, investasi yang masuk mencapai Rp2,5 triliiun dengan skema build, operate, and transfer (BOT) selama 25 tahun.

“Kita baru masuk fase kedua masih bahas draft kontrak waktunya kita targetkan selama tiga bulan dari pertengahan April sampai pertengahan Juli,” ujar Direktur Utama PT TNG Edi Candra, kepada wartawan, Jumat (19/6/2020).

Menurut Edi, terdapat beberapa point yang menjadi perhatian yang membuat lama adalah penetapan para pihak yang tertuang dalam kontrak.

“Para pihak pertamanya siapa nih, kalau ngikutin perwali (Peraturan Walikota) harusnya PT.TNG. Tapi kalau mengikuti draft dari pansel itu Pemkot. Disitulah pembahasan panjang, plus minusnya dari sisi bisnis akan dikaji,” pungkasnya.

Jika kontrak disepakati pembangunan dapat dilakukan. Pembangunan sendiri memerlukan waktu tiga tahun. PLTSa tersebut nantinya dapat menampung 2.160 ton sampah setiap harinya.

“Sampah kita di 2023 sudah 1.500 ton sampah, makanya mereka akan membangun sampai 2.160 ton perhari,” jelasnya.

Kendati demikian, untuk tipping fee sendiri telah disepakati sebesar Rp310.000 per ton sampah. Artinya, biaya yang dikeluarkan dalam setahun untuk tipping fee sekitar Rp169 miliar.

Nantinya biaya tersebut akan dibebankan oleh Pemkot Tangerang dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Kalau bantuan maksimal Kementrian LHK itu bisa bantu sampai 49 persen tapi kita harus memenuhi juga beberapa ketentuan,” beber Edi

(Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini