Beranda Olahraga Kontingen PON Banten Dibubarkan, Bonus Dibagikan

Kontingen PON Banten Dibubarkan, Bonus Dibagikan

Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo bersama Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan unsur Forkopimda Banten pada saat penyerahan bonus untuk atlet berprestasi. (IST)

SERANG – Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy secara resmi membubarkan Kontingen Banten yang baru saja mengikuti PON XX di Papua, Oktober lalu. Wagub juga sekalian memberikan bonus kepada para peraih medali.

Acara pembubaran kontingen dan pemberian bonus dilaksanakan di GOR KONI Banten, di Kota Serang, Selasa (9/11) pagi.

Pada gelaran PON XX Papua, Kontingen Banten menempati posisi ke 14 klasemen akhir dengan raihan 10 medali emas, 15 perak, dan 26 perunggu.

Para peraih medali emas, mendapatkan bonus sebesar Rp 200 juta. Untuk peraih perak sebesar Rp 150 juta, kemudian untuk peraih perunggu sebesar Rp 75 juta.

Kadeudeuh atau bonus tersebut tidak hanya dibagikan kepada para atlet melainkan juga diberikan kepada pelatih, ofisial, manajer yang turut memberi sumbangsih atas raihan medali.

Wagub Banten Andika Hazrumy mengatakan penghargaan diberikan kepada patriot olahraga Banten yang telah mengharumkan nama daerah di kancah PON XX Papua. Bonus pantas diberikan karena menurut Wagub persiapan Banten sangat minim namun para atlet sudah menunjukkan semangat dan prestasi meraih medali.

Wagub juga mengaku akan melakukan evaluasi setelah pelaksanaan PON XX Papua, baik dari segi persiapan, pembinaan dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten Ahmad Syaukani mengatakan Pemprov Banten sebelumnya telah menganggarkan sebesar Rp 11,1 miliar untuk memberi penghargaan kepada seluruh atlet Banten yang berprestasi di PON XX Papua ini.
“Ini bentuk apresiasi pemerintah daerah, terhadap para atlet, pelatih, dan ofisial yang telah mengharumkan nama daerah. Kita kan tidak bisa menafikan jika mereka telah berjuang untuk mengharumkan nama Banten, jadi ini suatu perhatian kepada mereka,” tuturnya.

Sementara, Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo mengaku bangga dan berterima kasih atas kerja keras para atlet dan ofisial selama di PON XX lalu. Ia juga menyarankan agar para atlet dan ofisial kembali mempersiapkan diri menuju PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh tahun 2024 nanti. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini