Beranda Info Warga Komunitas PBR dan Ormas Panimbang Gotong Royong Bersih-bersih Sampah

Komunitas PBR dan Ormas Panimbang Gotong Royong Bersih-bersih Sampah

237
0
Berbagai komunitas dan organisasi masyarakat (Ormas) membuat gerakan mengambil sampah di Panimbang - foto istimewa

PANDEGLANG – Berbagai komunitas dan organisasi masyarakat (Ormas) membuat gerakan mengambil sampah di Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Ketua komunitas Panimbang Berdindang Ria (PBR), Hafid Ali mengatakan gerakan mengambil sampah salah satu langkah untuk menyadarkan masyarakat tentang sampah. Selain itu, gerakan mengambil sampah merupakan refleksi peringatan Hari Peduli Sampah.

Komunitas PBR bersama Mahasiswa Panimbang, Ansor, Banser, Panimbang motor Klasik dan Pemuda Panimbang, Pemuda Pancasila terlihat memunguti sampah yang berserakan di Panimbang, Jumat (21/2/2020). Aksi ini dilakukan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Kegiatan yang dilakukan pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB ini, selain memungut sampah, juga dilakukan pemilahan sampah organik dan anorganik hingga pengumpulan sampah.

Selain itu juga dilengkapi dengan sosialisasi tentang sampah. Untuk sampah ranting yang kering, mereka langsung membakarnya. Sedangkan untuk sampah organik dikumpulkan dan dibuang di tempat pembuangan sampah akhir (TPA).

Hafid ali menyebutkan gerakan mengambil sampah itu tersebar di beberapa titik yang ada di panimbang dan sekitarnya yaitu Pasar Panimbang, Kebon, Soge, Solodengen, Pahlawan, dan lainnya.

Kata Hafid aksi tersebut merupakan agenda bersama yang juga dilaksanakan banyak komunitas di Panimbang.

“Ini sebagai wujud keprihatinan dan aksi nyata dalam penanganan sampah,” kata Hafid.

Hafid ali mengatakan, aksi bersih-bersih di Desa panimbang belum pernah dilakukan, ini merupakan kali pertama. Kali ini, kata Hafid, PBR melibatkan 30 orang dan beberapa dari Ormas dan komunitas lainnya yang sehari sebelumnya melakukan perencanaan matang.

“Kami melibatkan puluhan peserta, karena gabungan. Kegiatan ini akan simultan, kita akan terus bergerak. Artinya ini akan berkelanjutan, termasuk penyuluhan ke masyarakat tentang peduli lingkungan,” ucap Hafid.

Sementara Siti Masitoh, Sekertaris Desa Panimbang mengaku sangat mendukung adanya aksi bersih-bersih sampah. Apalagi di tempat panimbang. Sisi lain memberi contoh dan kesadaran terhadap setiap pengunjung wisata dimapun berada.

“Sangat salut dengan aksi membersihkan sampah ini, selain sangat bermanfaat, aksi semacam ini layak di contoh dan meningkatkan kesadaran masyarakat itu sendiri, dengan ini masyarakat menjaga kebersihan dimana ia berada,” ujar Herdin Septian.

(Red)