Beranda Komunitas Komunitas Banksasuci Tanam Pohon di Bantaran Sungai Cisadane

Komunitas Banksasuci Tanam Pohon di Bantaran Sungai Cisadane

Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Kota Tangerang menggelar kegiatan “Penanaman Pohon dan Santunan Anak Yatim” di Saung Banksasuci, Panunggangan Barat, Cibodas, Kota Tangerang, pada Minggu (24/3/2024).

TANGERANG – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang bertepatan pada Jumat (22/3/2024), Komunitas Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Kota Tangerang menggelar kegiatan “Penanaman Pohon dan Santunan Anak Yatim” di Saung Banksasuci, Panunggangan Barat, Cibodas, Kota Tangerang, pada Minggu (24/3/2024).

Ketua Banksasuci Ade Yunus menjelaskan, penanaman pohon ini menjadi penting karena kondisi di bantaran Sungai Cisadane banyak pohon yang sudah mengering dan tandus sehingga diperlukan upaya konservasi. Upaya tersebut juga berupaya untuk menampung air lebih banyak, sehingga penyerapan untuk air tanah cukup.

“Jadi kegiatan ini untuk mengawali penanaman pohon yang simbolis ditanam oleh Pj Wali Kota Tangerang Nurdin. Hal tersebut akan kami lakukan secara simultan dan secara sustainable atau berkelanjutan. Dengan target 10.000 pohon yang lakukan dari hulu ke hilir dan nantinya penanaman pohon ini akan bekerja sama dengan komunitas yang berada di hulu atau Bogor,” jelasnya.

Sementara itu, pohon yang ditanam pun bervariasi menyesuaikan kepada kondisi bantaran itu sendiri. Seperti pohon randu, buah, dan bunga-bunga. Program tersebut dinamakan arboretum fruit and flower.

“Kami memiliki cita-cita atau target pohon tersebut akan tertanam sampai ke hulu pada tahun 2040. Artinya ini hertahap, setiap titik perbatasan seperti dari Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan hingga Bogor dengan rentang waktu tiga tahun,” lanjutnya.

Pada kegiatan yang sama, adapun santunan anak yatim sebanyak 50 anak. Santunan tersebut langsung diberikan langsung oleh Pj Wali Kota Nurdin berupa sarung dan sejumlah uang.

“Kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan, tidak hanya berhenti di sini. Dan dapat terus didukung oleh Pemerintah Kota Tangerang dan kita dapat bersama-sama bersinergi berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Tangerang,” tutup Ade Yunus.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini