Beranda Komunitas Jaro Saija Bantah Tudingan Mahasiswa Jakarta Soal Kerusakan Tanah Ulayat

Jaro Saija Bantah Tudingan Mahasiswa Jakarta Soal Kerusakan Tanah Ulayat

Jaro Saija.

SERANG – Tokoh adat baduy kecewa dengan beredarnya video pada 14 Juli lalu dari Aliansi Mahasiswa Penjaga Kelestarian Alam & Budaya Jakarta yang membawa nama Baduy. Menurut Jaro Saija, pernyataan mahasiswa Jakarta dan Bogor itu tidak benar.

“Saya tidak suka dan tidak senang nama Baduy dibawa-bawa. Saya juga tidak kenal dengan pembuat pernyataan itu, saudara Ricci Ricardo karena belum pernah datang ke Baduy. Apalagi persoalan di Gunung Liman yang ada di luar Tanah Ulayat Baduy itu sekarang sudah aman, tertib dan tidak ada lagi (penambang liar). Kami sering melakukan kontrol bersama Kapolsek Cirinten, Kapolsek Leuwidamar,” kata Saija di rumah dinasnya di kampung Babakan Kaduketug, Desa Kanekes, Senin (19/7/2021).

Saija juga menyebut bahwa pernyataan mereka itu bohong. “Pernyataan mereka itu bohong, hoax,” tegas Saija.

Menanggapi masalah tersebut, Pendamping Komunikasi Adat Baduy, Uday Suhada mengatakan bahwa beredarnya video tidak berdasar. “Statement mereka tidak berdasar. Menyebut di tanah Ulayat Baduy terjadi kerusakan, itu ngaco. Kalau tidak tau, jangan asal bicara. Apalagi dikaitkan dengan Kapolda Banten yang dianggap tidak mampu menjaga kelestarian alam di Baduy, dimana korelasinya?” jelas Uday.

Uday yang juga pegiat antikorupsi menilai bahwa pernyataan mereka yang mengaku mahasiswa dari 8 perguruan tinggi itu berbau fitnah. “Saya lihat statement itu tidak menunjukkan ciri khas statement dari kalangan akademik, yang malah mengandung fitnah. Kalau tidak tau persoalan, mending tanya dulu ke lembaga Adat Baduy. Jangan seenaknya menyebar statement,” tambahnya.

Karena itu Uday meminta mereka agar meminta maaf ke lembaga adat Baduy. “Jangan sampai para tokoh adat marah. Sebaiknya saudara Ricci Ricardo cs minta maaf ke lembaga Adat Baduy atas kegaduhan yang mereka buat itu,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini