Beranda Pemilu 2024 Komitmen HAM Tiga Capres Saat Debat Dapat Pujian Mantan Ketua Komnas HAM

Komitmen HAM Tiga Capres Saat Debat Dapat Pujian Mantan Ketua Komnas HAM

Pasangan Anies-Muhaimin nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor ururt 2, dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3 saat penetapan nomor urut pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (Foto istimewa suara.com)

SERANG – Debat perdana calon presiden (Capres) di Kantor KPU pada Selasa (12/12/2023) menjadi sorotan semua pihak. Salah satu tema yang menjadi materi debat tersebut, yakni mengenai Hak Asasi Manusia (HAM).

Terkait komitmen HAM tiga capres saat berdebat mendapat pujian dari Mantan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. Pujian tersebut disampaikan Taufan, yang juga panelis dalam debat perdana, usai agenda debat selesai.

Ia mengungkapkan bahwa kata kunci yang diharapkannya muncul dari semua paslon.

“Saya kira bagus. Misalnya terkait HAM yang memang menjadi fokus saya. Ada pembahasan soal Papua. Muncul kata-kata kunci bahwa harus diselesaikan melalui dialog, jadi bukan jadi bukan pendekatan keamanan. Itu kata kuncinya,” katanya seperti dikutip dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

Dalam debat perdana, Taufan mengemukakan pembahasan penyelesaian pelanggaran berat dengan komitmen tegas untuk pendekatan yudisial menjadi kunci. Lebih lanjut, ia berharap kasus-kasus yang ada dapat diselesaikan tuntas dan tak lagi dipolitisasi.

Sementara untuk korupsi, Taufan mengemukakan, ada komitmen dari semua paslon untuk memperkuat lembaga anti-korupsi dan tindakan pemberantasan korupsi.

“Bahkan, ada metode-metode yang lebih progresif, seperti perampasan aset dan pemberian hukuman maksimal,” ujarnya menambahkan.

Meski begitu, ia memilih untuk tidak membandingkan sosok yang paling unggul dalam debat perdana tersebut. Menurutnya, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan yang terpenting kata kunci yang keluar dari setiap paslon bisa menjadi pegangan ketika menjabat sebagai pemimpin berikutnya.

“Secara umum karena debat pertama belum keluar semua. Tapi sudah saling sanggah. Ada perbedaan pandangan sehingga publik bisa menilai yang mana yang terbaik” ujarnya.

Tema debat perdana calon Presiden 2024 adalah Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Debat antara ketiga capres ini dipandu oleh dua jurnalis TVRI yang ditunjuk sebagai moderator, yakni Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

Terdapat 6 segmen dan 18 pertanyaan pada debat capres yang akan berlangsung selama 120 menit ini.

Sebelumnya, KPU telah menunjuk 11 orang panelis. Adapun mereka yang ditetapkan KPU 10 orang di antaranya berlatar belakang akademisi dari berbagai perguruan tinggi negeri tanah air.

Berikut adalah daftar panelis debat pertama capres-cawapres di Pilpres 2024:

Mada Sukmajati (Pakar Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada); Rudi Rohi Ahli (Pakar Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana); Lita Tyesta (Ahli Hukum Tata Negara Universitas Diponegoro), Khairul Fahmi (Pakar Hukum Universitas Andalas).

Kemudian Agus Riewanto (Pakar Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret); Susi Dwi Harijanti (Pakar Tata Hukum Negara Universitas Padjadjaran); Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Universitas Jember); Al Makin (Guru Besar Studi Agama Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).

Selanjutnya Gun Gun Heryanto (Pengajar UIN Syarif Hidayatullah); Wawan Mas’udi (Dekan Fisipol Universitas Gadjah Mada); Ahmad Taufan (Ketua Komnas HAM periode 2017-2022)

Komisioner KPU Ausgut Mellaz mengatakan bahwa seluruh panelis tersebut telah menjalani karantina sejak Minggu (10/12/2023) lalu hingga hari-H debat perdana Pilpres 2024 berlangsung.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News