Beranda Sosial Komandan Grup 1 Kopassus Resmikan Gedung Museum Golok Indonesia

Komandan Grup 1 Kopassus Resmikan Gedung Museum Golok Indonesia

Peresmian Museum Golok. (IST)

 

TANGERANG – Gedung Museum Golok Indonesia diresmikan oleh Komandan Grup 1 Kopassus, Kolonel Inf I Ketut Mertha Gunarda, akhir pekan lalu.

Acara ini juga dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan Provinsi Banten, Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan Kota Tangerang Selatan, Kepala UPTD Taman Budaya dan Museum Provinsi Banten, KCD Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan, Keluarga Besar Pelestari Golok Ciwidey-Bandung, Keluarga Besar Pelestari Pusaka Senjata Nusantara (PPSN), Aliran Beladiri Seni Golok Indonesia.

prasasti peresmian Museum Golok Indonesia ditandatangani oleh Kolonel Inf I Ketut Mertha Gunarda. Pada kesempatan tersebut Komandan Grup 1 Kopassus menyampaikan harapannya agar seluruh komponen bangsa turut serta dalam pelestarian golok di Indonesia. “Grup 1 Kopassus akan selalu bersinergi untuk melestarikan nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia, khususnya yang ada di Provinsi Banten yaitu golok,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Provinsi Banten, Bara Hudaya mengaku akan mendorong  golok Indonesia sampai mendapatkan pengakuan  UNESCO dengan melakukan tahapan-tahapan, seperti mengusulkan golok menjadi salah satu warisan budaya tak benda  UNESCO.

Hal senada juga diutarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kota Tangerang Selatan, yang pada saat itu turut hadir dan mengapresiasi pelaksanaan peresmian Museum Golok Indonesia yang beralamat di Villa Melati Mas, Jalan Cemara no. 7, Blok C3, Tangerang Selatan, Banten.

Lebih dari 1000 golok koleksi yang ada di museum Golok Indonesia, dipamerkan dalam acara peresmian gedung, dari mulai era Pajajaran sampai dengan era kemerdekaan Republik indonesia.

Golok adalah senjata para raja Tatar Sunda yang literasinya tertera dalam manuskrip Sunda kuno Sanghyang Siksakandang Karesian tahun 1518, demikian yang disampaikan oleh Ki Kumbang yang merupakan pendiri dari ?useum Golok Indonesia,.

Dalam kesempatan yang sama wakil kepala museum Golok Indonesia, Bagus Naga mengharapkan partisipasi dari pemerintah untuk ikut serta dalam melestarikan golok sebagai budaya bangsa Indonesia. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini