Beranda Gaya Hidup Kolesterol Naik Kebanyakan Konsumsi Daging, Ini 5 Makanan untuk Menurunkannya

Kolesterol Naik Kebanyakan Konsumsi Daging, Ini 5 Makanan untuk Menurunkannya

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

SERANG – Perayaan Hari Raya Idul Adha di Indonesia identik dengan konsumsi daging kambing maupun sapi. Namun mengkonsumsi daging kambing dan sapi secara berlebihan juga dapat membahayakan tubuh.

Menurut Ahli Gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Susetyowati, mengkonsumsi daging merah seperti daging kambing dan sapi perlu diwaspadai terutama bagi seseorang yang memiliki kolesterol karena memakan daging merah dalam porsi berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Dalam 100 gram daging kambing memiliki kalori sebesar 154 kkal, sedangkan sapi sebanyak 207 kkal. Sementara itu, kandungan lemak dalam kambing sebesar 9 gram dan sapi 14 gram. Dari sisi kolesterol kandungan dalam daging kambing sebanyak 63 mg lebih rendah dibanding sapi yaitu 73 mg. Adapun kandungan protein kambing 16,8 gram dan sapi 18,8 gram, seperti yang ditulis dalam artikel “Mengonsumsi Daging Merah Berlebih Membahayakan Kesehatan”, melansir situs resmi Universitas Gadjah Mada.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang meningkat usai kebanyakan mengkonsumsi daging kambing ataupun sapi, terdapat sejumlah makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Melansir Harvard Health Publishing, rekomendasi beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh memiliki cara kerja yang berbeda diantaranya memberikan serat larut yang mengikat lemak sehingga tidak akan terserap oleh tubuh melainkan dikeluarkan bersama feses.

Kemudian beberapa diantaranya memberi lemak tak jenuh ganda atau polyunsaturated fats seperti asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 yang dapat mampu langsung menurunkan kadar kolesterol.

Berikut lima makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

1. Kacang-kacangan
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kacang almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Memakan 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sekitar 5%. Kacang memiliki nutris tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

2. Apel, anggur, stroberi, buah jeruk
Buah-buahan ini kaya akan pektin yaitu sejenis serat larut yang menurunkan LDL.

3. Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol
Sterol dan stanol yang diekstrak dari tanaman dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Biasanya perusahaan produsen makanan akan menambahkannya ke makanan mulai dari margarin, batangan granola, jus jeruk dan cokelat. Mendapatkan 2 gram sterol atau stanol sehari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

4. Kedelai
Kedelai dan olahannya seperti tahu dan susu kedelai pernah disebut-sebut sebagai cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana, mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5%-6%.

5. Oats
Memakan semangkuk oatmeal atau sereal berbasis oat dingin dapat saat sarapan dapat menurunkan kolesterol. Oats sendiri dapat memberikan 1-2 gram serat larut. Pedoman nutrisi saat ini merekomendasikan untuk mendapatkan 20-35 gram serat sehari, dengan setidaknya 5-10 gram berasal dari serat larut.

Tidak hanya mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, diikuti dengan kegiatan olahraga yang rutin juga menjadi salah satu penunjang untuk memiliki pola hidup yang sehat.
(Nin/Red)