Beranda Olahraga Kick off Liga 1 2022-2023 Dimulai 5 Desember

Kick off Liga 1 2022-2023 Dimulai 5 Desember

JAKARTA – Kompetisi BRI Liga 1 2022-2023 akan kembali bergulir mulai 5 Desember 2022 setelah Mabes Polri mengeluarkan izin atas dasar Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Untuk lanjutan kompetisi putaran pertama ini digelar tanpa penonton, dan akan selesai pada akhir Desember 2022 dengan sistem terpusat atau bubble di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Sedangkan untuk putaran kedua Liga 1 dan seterusnya direncanakan menggunakan sistem home and away dengan penonton yang dibatasi.

Adapun lima stadion yang digunakan untuk kick off Liga 1 putaran pertama, yaitu Stadion Manahan (Surakarta) Stadion Jatidiri (Semarang) Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M. Soebroto (Magelang), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Mengenai kabar kembalinya Liga 1 2022-2023 dilanjutkan, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengucapkan banyak terima kasih terhadap pemangku kebijakan.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo (JokowI) yang terus memberi perhatian luar biasa kepada sepak bola Tanah Air. Terima kasih juga kepada Menpora Bapak Zainudin Amali yang tanpa kenal lelah membantu PSSI atas bergulirnya kembali kompetisi.”

“Terima kasih juga kepada Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas izin keramaian yang telah diberikan, dan tak lupa terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu atas kembali digulirkannya kompetisi (Liga 1),” kata Iriawan, dikutip dari laman PSSI, Sabtu (3/12/2022).

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan putaran pertama Liga 1 2022-2023 akan dituntaskan dengan sistem terpusat atau gelembung (bubble) FIFA di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

LIB pun menyatakan kompetisi Liga 1 2022-2023 secara resmi dilanjutkan mulai 5 Desember 2022, setelah mendapatkan rekomendasi dari kepolisian.

“Ini kabar yang menggembirakan bagi kami, dan semua klub Liga 1. Terima kasih kepada Mabes Polri, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian PUPR, dan Kementerian Kesehatan atas perhatian serta kerja samanya selama ini,” kata Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus, Jumat (2/12/2022).

Adapun lima stadion yang akan digunakan dalam bubble, yaitu Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), Stadion Sultan Agung (Bantul), serta Stadion dr Moch Soebroto (Magelang).

“Putaran pertama (Liga 1 Indonesia) akan selesai pada akhir Desember 2022. Semua pertandingan (dalam gelembung) digelar tanpa kehadiran penonton di stadion,” kata Ferry.

Ferry Paulus menambahkan, semua laga lanjutan putaran pertama Liga 1 Indonesia 2022-2023 masuk dalam pengawasan Polri.

Polri pun sudah menugaskan tim khusus untuk memastikan keamanan stadion, dan pelaksanaan aspek-aspek teknis sesuai dengan Perpol No. 10/2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

“Pada Kamis (1/12), Mabes Polri mengirimkan tim khusus untuk meninjau sekaligus memastikan sistem manajemen pengamanan di lima stadion di Jawa Tengah dan Di Yogyakarta,” ucap Ferry. (Red)