Beranda Uncategorized KH Ma’ruf Amin Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

KH Ma’ruf Amin Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan cawapresnya pada Pilpres 2019. Ketum MUI KH Ma’ruf Amin resmi diumumkan jadi cawapres. Ma’ruf Amin merupakan putera daerah asli Banten.

“Saya memutuskan kembali mencalonkan diri sebagai calon Presiden RI periode 2019-2024. Keputusan ini adalah tanggung jawab besar, erat kaitannya dengan cita-cita untuk meneruskan mimpi besar Indonesia maju dalam melanjutkan pembangunan dan berkeadilan di seluruh pelosok,” ujar Jokowi saat pengumuman di Restoran Plataran Menteng, Jl HOS Cokroaminoto No 42, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

“Dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai elemen masyarakat, maka saya putuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari parpol Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres 2019-2024 Profesor Ma’ruf Amin,” imbuhnya.

Pengumuman ini dihadiri oleh seluruh ketum parpol Koalisi Indonesia Kerja. Para pendukung Jokowi juga sudah berada di lokasi.

Pengumuman nama Ma’ruf menjadi cawapres Jokowi cukup mengejutkan. Mengingat awalnya cawapres Jokowi menguat kepada Mahfud Md. Mahfud juga tiba-tiba menghilang dari pertemuan Jokowi dengan ketum parpol koalisi.

Sinyal Ma’ruf menjadi cawapres sebelumnya ditunjukkan dengan kehadiran dirinya ke Istana, kemarin (8/8/2018). Jokowi dan Ma’ruf juga beberapa kali terlihat bersama dalam acara keagamaan.

Sementara itu, Ketum MUI Ma’ruf Amin mengaku siap mendampingi Jokowi. Dia juga akan membantu perekonomian Indonesia melalui ekonomi keumatan.

“Secara ekonomi, ekonomi yang saya bangun ekonomi keumatan, yaitu arus baru ekonomi Indonesia, pemberdayaan ekonomi umat. Kenapa arus baru, karena arus lama itu membentuk konglomerat menggunakan teori trickle down effect, ternyata nggak netes-netes. Ini yang kita jadikan sebagai arus baru,” kata Ma’ruf Amin.

Ma’ruf menyebut sistem saat ini membuat tidak meratanya perekonomian, yang kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin. Dengan semangat ekonomi keumatan dia optimistis ada jembatan antara si kaya dan si miskin.

“Kemudian lahir program redistribusi aset dan kemudian kemitraan, konglomerat bermitra dengan usaha-usaha masyarakat, dengan koperasi-koperasi masyarakat. Dari hulu sampai hilir, nanti yang menyiapkan tanamannya umat yang nanam, apa itu singkong jagung, yang menjadi komoditinya, yang mendistribusikannya juga umat lagi. Ada kemitraan antara yang kuat dan yang lemah,” paparnya.

Dia mengingatkan Indonesia adalah negara yang kaya sehingga jangan sampai bergantung pada bahan impor. Dengan semangat itulah dia mengusulkan untuk memperkuat ekonomi keumatan.

“Satu hal, tidak boleh negara ini tergantung pangannya ke luar negeri. Oleh karena itu semua kita harus bisa memenuhi, tidak boleh ada impor, ada impor beras, jagung, lahannya cukup SDA cukup, SDM cukup. Kenapa kita tidak mampu? Lha ini yang harus kita perkuat,” tegasnya.

“Di dalam industrinya jangan juga kita jadi negara pengimpor, tapi juga harus jadi negara pengekspor tapi dengan mengunakan produk-produk yang kita bisa ekspor, dengan melakukan teknologi tinggi yang kita bisa ambil dari berbagai negara. Artinya Indonesia menjadi Indonesia yang berjaya,” sambungnya.

Rais Am PBNU ini juga bicara soal penguatan karakter bangsa dan penegakan hukum. Dia yakin dengan penguatan karakter kasus pelanggaran hukum bakal berkurang.

“Pembangunan karakter dan penegakan hukum saling terkait. Lalu pembangunan karakter berhasil, maka penegakan hukum sedikit. Kalau pelangaran hukumnya banyak berarti pembangunan karakter tidak berhasil,” ucapnya.

Ma’ruf juga memuji perkembangan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Dia yakin, jika Jokowi diberi kesempatan selama dua periode, maka pembangunan Indonesia semakin maju.

“Mudah-mudan benar-benar bisa terpilih, bisa membangun negara ini lebih kuat dan Pak Jokowi secara efektif kerjanya cuma 3 tahun. Efektif 3 tahun. Hasil-hasilnya luar biasa. Karena itu kalau besok lagi langsung 5 tahun. Saya kira hasilnya akan luar biasa,” ujarnya. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini