Beranda Sosial Ketua Macan Guling Tantang RD Terbitkan Novel Sultan Ageng Tirtayasa

Ketua Macan Guling Tantang RD Terbitkan Novel Sultan Ageng Tirtayasa

Ketua Cimande Macan Guling Banten Denny Arisandhie (Berkacamata) Berdiskusi Dengan Pendiri Rd, Gol A Gong dan Toto St Radik, dalam lawatan ke rumah Dunia, Ciloang, Kota Serang, Minggu (2/8/2020).

 

SERANG – Jargon Komunitas Literasi Rumah Dunia (RD) “Simpan Golokmu Asah Penamu” dari Toto ST Radik yang digaungkan sejak RD pertama kali berdiri rupanya meresap ke banyak kalangan, termasuk para pendekar Peguron Cimande Macan Guling, Kota Serang.

Buktinya, sebanyak 25 pendekar Macan Guling, dengan dipimpin langsung oleh ketua Cimande Macan Guling Banten, Denny Arisandhie, Minggu (2/8/2020), bertandang ke markas RD di kawasan Ciloang, Kota Serang.

Kepada pendiri RD, Gol A Gong dan Toto, Denny menyatakan kedatangannya adalah untuk menjalin silaturahmi antara sesama pemangku kepentingan Kota Serang dan Provinsi Banten. Selama ini menurut Denny, baik Peguron Macan Guling maupun RD sama-sama berjuang dalam hal pemberdayaan SDM Kota Serang dan Banten umumnya. “Apalagi tujuan kita kan sama, yakni ikut membangun Banten yang kita cintai,” kata Denny.

Denny bahkan menantang para penulis di Rumah Dunia untuk menulis novel tentang Sultan Ageng Tirtayasa. “Saya pernah membaca novel tentang Gajah Mada. Sangat menarik. Untuk data Sultan Ageng Tirtayasa, saya siap bantu mengirimkan data-datanya, ” tambah Denny.

Dalam kunjungan ini, selain melihat-lihat berbagai fasilitas yang ada di RD, para pendekar Macan Guling juga berdiskusi seputar persoalan literasi di Kota Serang. Termasuk di antaranya capaian dan torehan prestasi RD dalam bidang literasi.

Salah seorang pendekar, Mayo Dirgantara, dalam kesempatan ini mendapat bingkisan novel “Balada Si Roy” karya Gol A Gong sendiri.
Gong tentu menyambut baik kunjungan tersebut. Bagi Gong, ketertarikan pendekar untuk menyukai dan memahami literasi adalah sebuah fenomena yang membahagiakan. “Kita ini sesama pendekar yang ingin memajukan Banten. Hanya saja, kami semua di RD adalah pendekar literasi,” ujarnya.

Sebagai komunitas yang juga kerap menampilkan pertunjukan seni budaya Banten, Gong juga menawarkan Peguron Macan Guling untuk bisa tampil dalam sebuah acara di RD di masa mendatang. Dan tawaran tersebut disambut baik oleh pendekar Macan Guling. “Ayo, kami siap!” kata Panglima Macan Guling Banten, Joni Agus Mauludi. (rls/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini