Beranda Pendidikan Keren! SMPN 3 Curug Tangerang Berhasil Kembangkan dan Panen Padi Hitam

Keren! SMPN 3 Curug Tangerang Berhasil Kembangkan dan Panen Padi Hitam

Panen padi hitam di SMPN 3 Curug, Kabupaten Tangerang - foto istimewa .

KAB. TANGERANG – Waki Bupati (Wabub) Tangerang, Mad Romli mengapresiasi panen padi hitam sebagai hasil implementasi Program Sekolah Keanekaragaman Hayati (SEHATI).

Hal tersebut diungkapkan langsung Wabup saat melakukan panen padi hitam di SMPN 3 Curug.

“Pertama-tama saya atas nama pemerintah daerah ingin menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas dilaksanakannya Program SEHATI, yang mana ini berkaitan langsung dengan isu pelestarian lingkungan hidup dan konservasi keanekaragaman hayati,” ungkap Mad Romli dalam keterangannya, Jumat (4/11/2022).

Mad Romli menambahkan menginjak tahun ketiga pelaksanaan Program SEHATI sudah banyak perubahan dan hasil yang capai oleh sekolah-sekolah, khususnya dalam hal pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan keanekaragaman hayati di lingkungan sekolah termasuk di dalamnya inovasi-inovasi di bidang pangan.

“Kita saksikan saat ini yaitu inovasi di bidang pangan yang telah dilakukan oleh SMPN 3 Curug Kabupaten Tangerang, dengan menanam padi di lingkungan sekolah. Terlebih yang ditanam adalah padi hitam, yang saat ini masih jarang dibudidayakan bahkan di masyarakat pada umumnya,” katanya.

Wabup berharap inovasi-inovasi yang dilakukan dalam Program SEHATI terus dikembangkan sehingga dapat bermanfaat bukan hanya untuk menciptakan lingkungan sekokah yang nyaman namun juga menghasilkan produk-produk yang dapat dirasakan dan dinikmati manfaatnya oleh masyarakat pada umumnya dan lingkungan sekolah pada khususnya.

“Seandainya kita melihat di sekolah-sekolah kita atau bahkan di Indonesia sekalipun, mungkin bisa jadi SMPN 3 Curug lah yang menjadi sekolah pelopor dalam menanam padi di lingkungan sekolah dan menjadikannya sebagai media edukasi bagi seluruh siswa/siswinya,” lanjutnya.

Selain melakukan panen padi hitam, Wabup juga melakukan penanaman pohon pala dilanjutkan dengan melihat hasil pemanfaatan lingkungan yang ada di SMPN 3 Curug seperti kebun pembibitan sayuran dan produk pupuk organik.

(Ril/Red)