Beranda Pemerintahan Kepengurusan Data Administrasi Kependudukan di Cilegon Go Digital 

Kepengurusan Data Administrasi Kependudukan di Cilegon Go Digital 

Walikota Cilegon Edi Ariadi menandatangani berita acara Go Digital administrasi kependudukan. (Usman/bantennews)

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cilegon melakukan Launching Go Digital dan penandatanganan kerja sama dengan beberapa mitra kerja. Acara ini dilaksanakan di Hotel Sari Kuring Indah Cilegon, Kamis (20/6/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Walikota Cilegon Edi Ariadi dan turut dihadiri oleh Niluh Mertasih selaku Kasi Dokumentasi Direktorat Pendaftaran Dirjen Dukcapil Kemendagri, serta beberapa perusahaan swasta dan ketua RT/RW se-Kota Cilegon.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi memaparkan  bahwa penduduk Kota Cilegon telah memiliki ketunggalan identitas yang diakui oleh Kemendagri yaitu sebanyak 416.866 jiwa.

“Beberapa progres penerbitan dokumen yang sudah dilaksanakan Disdukcapil Kota Cilegon yaitu penerbitan kutipan akta kelahiran  bagi anak usia 0 sampai dengan 18 tahun sebanyak 124.108 jiwa yang sudah memiliki akta kelahiran, 92,50% dari 134.176 anak, penerbitan KTP Elektronik di Kota Cilegon sebanyak 296.269, dan KTP Elektronik yang sudah tercetak sebanyak 439.887 dan juga dalam penerbitan KK sebanyak 128.751,” terangnya.

Edi juga mengungkapkan bahwa Disdukcapil Kota Cilegon telah melakukan launching Gerakan Indonesia Sadar Adminstrasi Kependudukan yang bertujuan agar masyarakat sadar akan kepemilikan dokumen kependudukan.

“Hari ini kita telah melakukan launching Go Digital, pengguna digital untuk kepengurusan data administrasi kependudukan. Pencapaian yang luar biasa ini tentunya tidak lepas dari peran serta dari para camat, lurah serta para ketua RT/RW, semoga selanjutnya bisa membuat pelayanan administrasi kependudukan menjadi lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Ke depannya Edi berharap kepada semua ketua RT dan RW agar selalu aktif dalam mewujudkan pelayanan administrasi kependudukan yang baik.

“Dalam meningkatkan tertib administrasi kependudukan dan catatan sipil. Saya harap semua ketua RT dan RW untuk selalu aktif dalam mensosialisasikan tertib administrasi kependudukan kepada semua masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disdukcapil Kota Cilegon Hayati Nufus menjelaskan bahwa kegiatan launching tanda tangan elektronik dilakukan untuk mempermudah administrasi kependudukan. Saat ini, tanda tangan di akta kelahiran dilakukan secara elektronik menggunakan barcode.

“Jadi kalau Kepala Disdukcapil lagi di luar kota masih tetap bisa terlayani. Kami juga menginformasikan kepada warga bahwa di dalam KK (Kartu Keluarga) tidak ada lagi tanda tangan kepala Disdukcapil, tapi diganti dengan barcode,” jelasnya.

Nufus mengungkapkan, selain launching tanda tangan elektronik, pihaknya juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan beberapa pihak swasta di antaranya KFC, Asa Sport Center, Krakatau Water World, Kolam Renang Metro Cilegon. Jadi bagi anak yang masuk ke tempat tersebut akan mendapat diskon dengan syarat menunjukkan KIA bagi anak 0-17 tahun. “Ini upaya kami meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pembuatan KIA,” ungkapnya.

Ditambah lagi, kata Nufus, Disdukcapil Cilegon juga melakukan  kerja sama dengan BPRSCM terkait data kependudukan. Kerja sama tersebut untuk memudahkan BPRSCM mengakses data kependudukan para nasabah.

“Kami berharap warga Cilegon bisa membuka rekening di BPRSCM,” pintanya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini