Beranda Kesehatan Kenali Cara Penggunaan dan Manfaat Cuka Apel

Kenali Cara Penggunaan dan Manfaat Cuka Apel

Buah Apel - foto istimewa doktersehat.com

SERANG – Cairan cuka apel merupakan hasil pengolahan fermentasi sari apel yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Mulai dari membantu proses memasak, membersihkan noda membandel di perlengkapan rumah tangga hingga perawatan kesehatan tubuh.

Banyak masyarakat yang mengonsumsi cuka apel untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun penggunaan cuka apel harus dengan cara yang tepat agar terhindar dari berbagai efek samping.

Cara Menggunakan Cuka Apel yang Tepat

Cara terbaik menggunakan cuka apel dengan menambahkannya pada masakan yang sedang diolah. Selain itu, mengonsumsi cuka apel bisa bersama dengan satu gelas air putih.

Kadar banyaknya cuka apel yang boleh dikonsumsi berkisar dari 1-2 sendok teh yakni 5 sampai 10 ml. Kemudian untuk takaran sendok makan yaitu 1 hingga 2 sendok makan (15-30 ml).

Disarankan untuk mulai mengonsumsi cuka apel dengan dosis yang kecil lalu menambah dosisnya secara perlahan. Pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsi cuka apel.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka apel memiliki kandungan yang bersifat antimikroba. Cairan ini juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, cuka apel juga tidak mengandung kolesterol dan sodium di dalamnya.

Pembuatan cuka apel melalui proses fermentasi dan juga meninggalkan sejumlah kandungan lainnya. Mulai dari asam asetat, asam gallic, hingga katekin.

Berikut manfaat cuka apel untuk kesehatan:

1. Cuka apel dapat mengatur kadar gula dalam darah

Manfaat cuka apel yang paling dikenal yaitu mengatur kadar gula dalam darah. Bagi pengidap diabetes, kadar gula dalam darah harus selalu diperhatikan. Sebab, cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terlebih ketika tubuh mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Cuka apel akan bekerja dengan memperlambat proses pelepasan gula dari makanan yang masuk ke dalam darah yang dapat mencegah kadar gula dalam darah melonjak secara tiba-tiba, setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Dalam jurnal Diabetes Research and Clinical Practice dengan judul Vinegar Consumption Can Attenuate Postprandial Glucose and Insulin Responses; a Systematic Review and Meta-Analysis of Clinical Trials, disebutkan bahwa cuka apel dapat mengurangi kadar glukosa dan insulin postprandial.

2. Cuka apel membantu menurunkan berat badan

Manfaat dari cuka apel lainnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Efek panjang dari mengonsumsi cuka apel sebelum makan besar dapat menurunkan berat badan, walau tidak dalam jumlah yang banyak.

Kendati demikian, penurunan berat badan tetap harus diimbangi dengan menjaga pola makan dan berolahraga.

3. Cuka apel membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat yang satu ini juga sudah diketahui banyak orang khususnya pengidap hipertensi. Namun, sayangnya penelitian yang menjelaskan tentang manfaat cuka apel bagi tekanan darah baru teruji pada hewan, sehingga belum terbukti secara klinis pada manusia.

4. Memberikan perlindungan pada sel tubuh

Tahukah kamu apa persamaan antara buah-buahan, sayuran, kopi, dan cokelat? Semuanya jenis makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan polifenol, yang berperan penting sebagai pelindung sel tubuh dari penyakit berbahaya dan kanker.

Ternyata, polifenol juga bisa kamu temukan pada cuka apel. Meski belum ada bukti ilmiah yang menyatakan manfaat polifenol dalam cuka apel, tapi diduga manfaatnya sama seperti yang terkandung dalam bahan makanan lainnya.

6. Membantu kesehatan kulit

Cuka apel menjadi salah satu pengobatan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering dan eczema. Kulit secara alami mengandung sedikit asam. Menggunakan cuka apel sebagai perawatan alami kulit mampu menyeimbangkan pH alami pada kulit. Dengan begitu, kulit akan terlindungi secara lebih baik.

7. Mengatasi perut buncit

Pada penelitian di Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry, menunjukan bahwa pengonsumsian cuka apel selama 12 minggu secara rutin, mampu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak pada perut. Namun, manfaat ini juga harus disertai dengan perilaku hidup sehat dan pola makan yang sesuai.

Pernyataan di atas adalah tentang manfaat penggunaan cuka apel. Untuk pemakaiannya tentu harus dengan batas yang tepat.

Segera lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan setelah mengonsumsi cuka apel. Pemeriksaan lebih dini tentunya membuat pengobatan menjadi lebih mudah dilakukan. (Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini