Beranda Pendidikan Kemendikbud Targetkan Juli 2021 Sekolah Tatap Muka, WH: Tetap Dilakukan Terbatas

Kemendikbud Targetkan Juli 2021 Sekolah Tatap Muka, WH: Tetap Dilakukan Terbatas

Gubernur Banten Wahidin Halim. (Ist)

SERANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan pada Juli 2021 mendatang, sekolah tatap muka sudah bisa kembali digelar. Tentunya hal tersebut menjadi kabar baik, dimana selama kurun waktu satu tahun terakhir kegiatan belajar mengajar menggunakan metode dalam jaringan (daring) akibat dampak pandemi Covid-19.

Gunernur Banten, Wahidin Halim (WH) berharap seiring dengan adanya penurunan kasus Covid-19 di Banten, sekolah tatap muka juga dapat kembali digelar. Meski begitu, dalam pelaksanaannya tetap dilakukan secara terbatas.

“Dari perbincangan  dengan Presiden Joko Widodo, bahwa tahun 2021 ini untuk menyelamatkan masyarakat dari Covid-19. Kegiatan perekonomian mulai berjalan dan belajar tatap muka diharapkan dapat dilakukan secara terbatas mulai bulan Juli 2021,” kata WH, Jumat (5/3/2021).

Lebih lanjut WH juga mengungkapkan, program vaksinasi dapat menjadi harapan baru bagi masyarakat Banten. “Vaksinasi Covid-19 menjadi harapan kita untuk bisa meminimalkan dampak Covid-19,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Tabrani mengatakan, pembukaan sekolah tatap muka untuk SMA/SMK/SKh tetap menyesuaikan kondisi wilayah.

“Bagi wilayah yang memang nanti kasusnya sudah melandai bahkan sudah tidak ada kita, insya Allah kita akan buka secara bertahap. Tetapi bagi daerah yang kasusnya masih tinggi misalnya itu tentu jadi pertimbangan,” kata Tabrani, Kamis (4/3/2021).

Tabrani mengaku, sebelum pembukaan sekolah tatap muka, pihaknya terlebih dahulu akan mengusulkan kepada Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 tingkat Provinsi Banten.

“Biarlah nanti ketua satgas yang akan merekomendasikan apakah wilayah ini bisa dibuka (sekolah tatap muka) atau belum. Dan (pertimbangan) itu juga berdasarkan data yang diberikan dari Dinkes (Dinas Kesehatan),” katanya.

Terkait persiapan sekolah tatap muka di Banten, Tabrani juga mengaku, Dindikbud sudah mempersiapkan hal tersebut sejak lama.

“Kalau persiapan kan sudah lama dilakukan oleh sekolah-sekolah SMA dan SMK di Banten. Sehingga bila nanti diizinkan ya mereka sudah tinggal menerapakan protokol kesehatan sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing,” jelasnya.

(Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini