Beranda Komunitas Kelompok Budidaya Ikan di Cimanggu Dapat Bantuan Ribuan Benih

Kelompok Budidaya Ikan di Cimanggu Dapat Bantuan Ribuan Benih

Perwakilan CSD bersama kelompok pembudidaya ikan sedang memasukan bibit ke dalam kolam.

PANDEGLANG – Kelompok budidaya ikan di Kampung Citeluk Mulud, Desa Mangkualam, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang mendapatkan bantuan benih ikan dari PT Cibaliung Sumber Daya (CSD). Bantuan benih tersebut diserahkan pada kelompok pembudidaya ikan Citeluk Mulud Sejahtera.

Human Capital, Coorporat Sosial Responsibility, Generan Affair dan Security Manager PT. CSD, Bagus mengatakan, benih tersebut diserahkan pada kelompok Citeluk Mulud Sejahtera yang beranggotakan 10 orang.

Kata Bagus, selain bantuan benih pihaknya juga memberikan bantuan lain seperti pakan hingga bantuan pemasaran untuk kelompok tersebut jika kebingungan memasarkan hasil panennya nanti.

“Kita bantu kelompok ini dari awal sampai akhir hingga pemasarannya pun kami siap bantu. Untuk program ini kami bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan jadi kami dibantu juga oleh mereka,” katanya, Jumat (26/11/2021).

Sementara itu, Penyuluh Perikanan Madya pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Undang membeberkan, benih ikan yang diserahkan berupa benih Ikan Lele sebanyak 81.000 ekor dengan ukuran 9-10 centimeter dan benih Ikan Nila sebanyak 21.000 ekor.

“Alasan benih ini yang kami berikan karena Ikan Lele produksinya tinggi dan lebih cepat panen terus pemasarannya mudah, sedangkan Ikan Nila umur tidak terlalu lama dan menguntungkan secara ekonomis ditambah lagi SDM dan SDA disana mendukung,” bebernya.

Selain faktor tadi, kata Undang, hal lain yang menjadi pertimbangan ialah kedua jenis ikan ini bisa panen lebih cepat jika dibandingkan dengan ikan air tawar lain. “Ikan Lele panen tahap satu umur 35 hari, panen tahap dua umur 50 hari. Sedangkan Ikan Nila panen pertama umur 4 bulan dan panen kedua umur 5 bulan,” jelasnya.

Dari benih yang diserahkan jika perawatannya bagus maka kelompok ini dapat memanen ikan sebanyak 8.100 kilogram untuk Ikan Lele dan 2.100 kilogram untuk Ikan Nila.

“Atas nama pemerintah dalam hal ini KKP mengucapkan apresiasi yang luar biasa terhadap bantuan dari CSR PT CSD.yang telah membantu sarana budidaya perikanan air tawar dan berharap untuk waktu yang akan datang bisa membantu untuk kelompok yang lain,” tutupnya. (Med/Red)