Beranda Uncategorized Kelelahan Hitung Surat Suara Pemilu 2019, Ketua PPK di Kota Tangerang Pingsan

Kelelahan Hitung Surat Suara Pemilu 2019, Ketua PPK di Kota Tangerang Pingsan

Foto istimewa VIVA.co.id

TANGERANG – Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Tangerang bernama Nanang Sutrisno, pingsan saat melakukan penghitungan surat suara Pemilu 2019 di Gelanggang Olahraga Dimiyati.

Petugas medis yang bertugas di lokasi penghitungan pun langsung melakukan evakuasi dan penanganan dini pada Nanang serta membawanya ke rumah sakit Tangerang.

Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra, mengatakan pihaknya telah mendapatkan laporan banyaknya petugas yang kelelahan saat proses penghitungan surat suara.

“Betul, kami sudah banyak laporan terkait petugas yang kelelahan karena perhitungan surat suara. Soalnya tidak bisa dipungkiri, surat suara yang dihitung itu cukup banyak dan terdapat lima jenis surat yang pasti memakan waktu lama,” katanya, Selasa (23/4/2019).

Terkait dengan hal tersebut, pihaknya pun meminta agar petugas dapat tetap menjaga kesehatan dan tidak memaksakan penghitungan.

“Memang dikasih target penyelesaian penghitungan tapi kami juga minta jangan dipaksakan bila kondisi tubuh tidak memungkinkan lagi. Sebetulnya, waktu penghitungan tingkat kecamatan itu ditentukan atau disepakati oleh para petugas sendiri, kita tidak pernah meminta satu hari beres yang penting tidak melampaui target penghitungan yang ditentukan KPU RI pada 4 Mei 2019,” ujarnya dikutip dari VIVA.co.id.

Dalam proses tersebut, hasil penghitungan surat suara sudah masuk ke KPU Kota Tangerang sebanyak 30 persen.

Sementara, di wilayah Kabupaten Tangerang pun Pemerintah Daerah setempat bahkan meminta agar petugas kesehatan selalu mengecek atau melakukan kontrol kesehatan pada petugas. Hal itu untuk mengantisipasi petugas kelelahan yang dikhawatirkan berdampak fatal.

“Kita minta petugas kesehatan harus stand bydi setiap lokasi penghitungan, sarana dan prasarana kesehatan juga kita minta ada di sana, seperti oksigen, obat-obatan ataupun pemeriksaan tensi darah,” kata Ketua Desk Pemilu Tangerang, Maesyal Rasyid.

Hingga saat ini, proses penghitungan masih terus berlangsung baik itu di tingkat kecamatan ataupun KPU kota/kabupaten. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini