Beranda Pemerintahan Kebut Revitalisasi Banten Lama, Pemprov Libatkan Pemkot Serang

Kebut Revitalisasi Banten Lama, Pemprov Libatkan Pemkot Serang

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memimpin rapat koordinasi lanjutan  penataan Kawasan Situs Kesultanan Banten (KSKB) bersama Walikota Serang Syafrudin di Ruang Transit Pendopo Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (9/1/2019).

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memimpin rapat koordinasi lanjutan pepenataan Kawasan Situs Kesultanan Banten (KSKB) bersama Walikota Serang Syafrudin di Ruang Transit Pendopo Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (9/1/2019). Rakor  ini membahas bebrapa poin penting terkait progres revitalisasi kawasan kesultanan Banten.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menjelaskan, pada 2019 ini Pemprov Banten terus melakukan revitalisasi kawasan Kesultanan Banten di Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Selain penataan kawasan inti, Pemprov Banten juga akan melakukan tiga tahapan yakni pertama akan menyelesaikan pembangunan kawasan penunjang wisata Kesultanan Banten. Kedua membangun sinergitas antara Provinsi Banten dengan  Pemkot Serang, dan yang ketiga, terkait dengan pembentukan Badan Pengelola
Kawasanan Kesultanan Banten.

“Kita akan bentuk badan pengelola kawasan Banten Lama. Jangan sampai kita sudah bangun, kita sudah percantik tetapi tidak ada yg mengurus, untuk itu kita akan koordinasi antara Pemrov Banten dengan Pemkot Serang untuk membentuk badan pengelolaan kawasan Banten Lama,” kata Wagub.

Wagub melanjutkan, Gubernur Banten, Wahidin Halim mengingikan agar badan pengelolaan kawasan Banten Lama ini selain dikelolah oleh Pemprov Banten dan Pemkot Serang juga melibatkan unsur lainnya seperti TNI, Polri dan Kenadziran.

Dalam rakor ini, kata Wagub, disepakati bahwa untuk pembentukan pengelolaan kawasan wisata Banten Lama  diserahkan kepada Pemkot Serang , diantaranya yaitu pengelolaan kebersihan, pengelolaan lahan parkir dan arus lalu lintas, ketertiban dan keamanan.

Sedangkan Pemprov Banten akan fokus kepada revitalisasi tahap kedua agar pembangunan kawasan banten lama ini bisa segera selesai.

“Kita bersama Pak Gubernur sudah statement bahwa Pemprov ingin membantu Pemerintah Kota Serang untuk dapat mengembangkan potensi pariwisata religi. Karena kami tidak mengharapkan kedepan Kota Serang ini menjadi kota statis. Diharapkan dengan adanya pariwisata religi ini dapat juga membantu pendapatan Kota Serang,” jelasnya.

Wagub juga mengharapakan dengan dibentuknya badan pengelola kawasan wisata ini bisa menjaga dan memelihara aset yang berada di kawasan wisata religi tersebut. Setelah selesai nanti Pemprov  Banten akan menghibahkan kawasan ke Pemkot Serang.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin mengaku mendukung program pembangunan revitalisasi kesultanan Banten ini. Karena ini merupakan ikon Kota Serang yang juga sebagai ibu kota Provinsi Banten.
“Kaitannya dengan penataan pedagang kaki lima, sampah dan lalu lintas, Pemkot Serang siap untuk membantu dalam rangka penataan kawasan wisata Banten Lama ini,” kata Syafrudin.

Pihaknya juga akan memerintahkan Dinas Tata Kota, Dinas Lingkungan Hidup dan Satpol PP Kota Serang untuk menjaga dan melakukan perawatan di kawasan Kesultanan Banten.

“Kami siap untuk mendukung revitalisasi kawasan Banten Lama ini, juga untuk bersinergi dengan Provinsi Banten dalam rangka mewujudkan kawasan wisata Banten Lama menjadi wisata religi kebanggaan Provinsi Banten, khusunya Kota Serang,” kata Walikota seraya menyatakan siap untuk dibentuk badan pengelolan kawasan Kesultanan Banten Lama. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini