Beranda Pemerintahan Kawasan Hutan Gundul di Lebak Akan Ditanami Rumput Vetiver

Kawasan Hutan Gundul di Lebak Akan Ditanami Rumput Vetiver

Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menghadiri Rapat Rencana Perencanaan Rehabilitasi dan Reforestasi Lahan Dan Hutan di Korem 064/Maulana Yusuf Serang, Banten - foto istimewa

LEBAK – Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menghadiri Rapat Rencana Perencanaan Rehabilitasi dan Reforestasi Lahan Dan Hutan di Korem 064/Maulana Yusuf Serang, Banten, Jumat (14/2/2020), yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem (Danrem) 064/ MY Serang, Kolonel Inf. Windiyatno.

Rapat tersebut digelar sebagai upaya reforestasi dan perbaikan struktur tanah sekaligus untuk mengurangi erosi dan tanah longsor di masa transisi yang telah ditetapkan oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya terhitung tanggal 28 Januari-26 Mei 2020.

Rencana kegiatan reabilitasi dan Reforestasi akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Lebak bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dibantu TNI Polri serta komunitas yang akan dilakukan mulai tanggal 18 Februari 2020 yakni pembibitan dan penanaman rumput vertiver.

Dalam paparannya, Staff BNPB Andre Saputro menjelaskan kegiatan akan dilangsungkan beberapa tahap, dan untuk tahap pertama sendiri akan dilaksanakan di Kampung Cinyiru, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak.

“Luas lahan yang akan ditanami vertiver kurang lebih 6,5 Ha dengan jumlah bibit 112.000 per Ha,” ujar Andre melalui siaran tertulis.

Andre juga menjelaskan diperlukan kurang lebih 620 personel untuk melaksanakan kegiatan ini, dengan komposisi 120 personel dari TNI Polri sisanya 500 personel berasal dari komunitas dan mayarakarat dan telah menganggarkan dana untuk tiap personelnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menyambut baik program rehabilitasi dan reforestasi yang dilakukan oleh BNPB dan memerintahkan jajaranya untuk mempersiapkan data personel diluar TNI Polri secara detail dan tepat sasaran.

“Saya intruksikan kepada jajaran terkait untuk segera mendata kebutuhan personel yang sesuai formasi yang ditetapkan BNPB dan libatkan juga masyarakat setempat,” kata Ade.

Ade juga berharap dengan adanya anggaran tiap personel dapat menggerakan perekonomian masyarakat Kampung Cinyiru dengan dilibatkannya dalam pelaksanaan program ini

Untuk diketahui Vetiver System merupakan metode penguatan struktur tanah secara alami menggunakan rumput vetiver dan beberapa jenis tanaman kuat lainnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini