Beranda Advertorial Kartina Perempuan Pertama Pendaftar Calon Rektor Untirta

Kartina Perempuan Pertama Pendaftar Calon Rektor Untirta

Kartina menjadi perempuan pertama yang mencalonkan diri sebagai rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) periode 2023-2027.
Kartina menjadi perempuan pertama yang mencalonkan diri sebagai rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) periode 2023-2027.

SERANG – Kartina menjadi perempuan pertama yang mencalonkan diri sebagai rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) periode 2023-2027. Ia mengantarkan berkas persyaratan pencalonan ke Ruang Panitia Seleksi Pemilihan Rektor (Pilrek) Untirta, Kampus Sindangsari, Kabupaten Serang, Banten pada Senin (20/3/2023).

Wanita yang saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur I Pascasarjana tersebut mendapatkan nomor urut 5. Sebelumnya sudah ada empat bakal calon rektor yang telah menyerahkan berkas.

Kartina mengungkapkan hal yang membuat dirinya tergugah untuk mendaftar yakni adanya dorongan untuk mewakilkan secara gender. Dirinya ingin memberikan motivasi kepada kaum perempuan jika dapat menjadi calon pemimpin.

“Yang membuat mendaftarkan diri pertama adalah keterwakilan gender jadi dalam rangka pencalonan bakal calon rektor periode 2023-2027 ini memberikan motivasi kepada kaum ibu-ibu jadi gender juga dapat berpartisipasi dalam hal ini sepanjang sudah sesuai dengan persyaratan,” ujarnya saat ditemui usai penyerahan berkas di Ruang Panitia Seleksi Pilrek Untirta, Senin (20/3/2023).

Selain itu, Kartina juga memiliki misi untul menjadikan Untirta sebagai universitas yang menjadi pusat penelitian dan pendidikan di Provinsi Banten. “Semoga ini lancar ya, mohon doa,” ucapnya.

Kartina sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kerjasama. Ia juga merupakan profesor di Fakultas Ilmu Pertanian Untirta.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Pilrek Untirta Periode 2023-2027, Suwaib mengatakan hingga saat ini sudah ada 5 calon yang mendaftarkan. Kelimanya berasal tiga fakultas yang berada di universitas.

Kelima calon diantaranya tiga orang berasal dari Fakultas Pertanian yakni Suherna, Suherman, dan Kartina. Kemudian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Aceng Hasani serta dari Fakultas Teknik yaitu Fatah Sulaiman.

“Lima calon sudah memenuhi syarat semua secara administrasi, berkas sudah lengkap tinggal bagaimana para beliau maju di visi misi,” ujar Suwaib.

Suwaib menyebutkan kemungkinan masih ada yang akan mendaftarkan sebagai bakal calon rektor Untirta periode 2023-2027. Hal itu dikarenakan untuk pendaftaran dibuka mulai 6 Maret hingga 14 April 2023.

“Kemungkinan masih ada (bakal calon-red) karena pendaftarannya sebulan ya,” ucapnya. (Adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini