Beranda Hukum Kapolda Banten: Kita Harus Tanamkan Nilai Pancasila

Kapolda Banten: Kita Harus Tanamkan Nilai Pancasila

Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho - foto istimewa

SERANG – Polda Banten dan Polres Jajaran mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara Virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam kesempatan ini Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Ruang Kerjanya, Selasa (1/6/2021).

“Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, Oleh karenanya, nilai-nilai yang terkandung dalam setiap silanya harus senantiasa kita implementasikan dalam tindakan nyata di masyarakat,” kata Rudy Heriyanto kepada awak media setelah mengikuti upacara secara virtual.

Kapolda mengatakan saat masa pandemi ini pihak mengajak seluruh masyarakat untuk terus dikobarkan nilai dan semangat Pancasila, mulai dari nilai takwa, kemanusiaan, persatuan, gotong royong dan keadilan. Sebagai bangsa Indonesia semua pihak memiliki tanggung jawab besar untuk mewarisi nilai-nilai luhur bangsa.

“Dalam tema peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021 adalah tentang betapa pentingnya kita sebagai bangsa dan masyarakat bersatu padu dan melawan pandemi Covid-19 yang masih melanda. Kita harus tangguh berperang hingga pandemi ini berakhir,” ujar Kapolda.

Lebih Lanjut Kapolda mengatakan berperang melawan pandemi Covid-19 ini adalah dengan mematuhi Protokol Kesehatan dan seluruh imbauan dari pemerintah. Tanamkan dalam diri 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas) selayaknya pancasila mendarah dalam diri kita.

Sementara itu Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan,” ucap Presiden dalam sambutannya yang disiarkan dari Istana Kepresidenan Bogor.

(Red)