Beranda Pemerintahan Kanwil DJP Banten Meriahkan CFD Kota Tangerang dengan Spectaxular

Kanwil DJP Banten Meriahkan CFD Kota Tangerang dengan Spectaxular

Kanwil DJP Banten menggelar kegiatan Spectaxcular di area Car Free Day Jalan M. Yamin, Kota Tangerang, Minggu (8/3/2020).

SERANG – Kanwil DJP Banten menggelar kegiatan Spectaxcular di area Car Free Day Jalan M. Yamin, Kota Tangerang, Minggu (8/3/2020). Kegiatan Spectaxcular dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dan dikemas dalam berbagai kegiatan menarik seperti olahraga, fun games, dan pentas musik.

Kegiatan ini merupakan salah satu strategi penyuluhan, pelayanan dan hubungan masyarakat dalam rangka penerimaan Surat Pemberitahuan Tahunan 2020.

Spectaxcular Kanwil DJP Banten dibuka oleh Kepala Knawil DJP Banten, Jatnika dan didukung penuh oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang terlihat dengan kehadiran Walikota Tangerang, Arief Rachadiyono Wimansyah, dan para jajaran Muspida Kota Tangerang.

Kepala Kanwil DJP Banten, Jatnika mengatakan beberapa hal yang menjadi pertimbangan dilaksanakannya kegiatan Spectaxcular 2020 dikarenakan berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak, bahwa 25% Wajib Pajak Orang Pribadi yang sudah mendapat bukti potong namun belum melaporkan SPT Tahunannya.

Berbagai upaya telah dilakukan, diantaranya dengan email blast dan pengiriman surat himbauan untuk melaporkan SPT Tahunan, namun dikhawatirkan masih belum dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaporkan SPT Tahunannya.

“Oleh karena itu perlu dilakukan upaya lain untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam melaporkan SPT Tahunannya,” ujarnya.

Kemudian, salah satu rangkaian kegiatan spectaxcularpun yaitu acara pengukuhan relawan pajak. Relawan pajak adalah para mahasiswa dari berbagai kampus di provinsi Banten yang telah dididik dan diberi pengetahuan tentang tatacara pengisian SPT Tahunan sehingga memiliki kapabilitas untuk memberikan asistensi pengisian SPT Tahunan kepada masyarakat.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah kepada mahasiswa yang telah mengikuti lomba menulis artikel perpajakan yang dimenangkan oleh Mella Amalia dari Untirta (Juara Pertama), Abdullah Mar’I dari UNMA (juara kedua) dan Shindy Mawarni Lestari dari UNPAM (juara ketiga).

Dibagikan pula berbagai doorprize menarik: Sepeda lipat, HP, TV, kipas angina, mesin cuci dan berbagai barang elektronik lainnya persembahan dari Kanwil DJP Banten dan special doorprize berupa 5 unit sepeda lipat dari Walikota Tangerang. Penampilan drummerunic percussion menambah hangat suasana dan terakhir masyarakat pun dimanjakan dengan penampilan seru dari Budi Doremi.

“Kanwil DJP Banten pun menyediakan layanan Help Desk bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan pengisian SPT Tahunan dan konsultasi perpajakan. Harapan dengan diselenggarakannya Spectaxcular ini adalah agar Wajib Pajak di provinsi Banten mendapatkan banyak informasi dan edukasi sehingga semakin memahami dan menyadari akan hak dan kewajiban perpajakannya,” ucapnya.

(Dhe/Red)