Beranda Pendidikan Kantor Imigrasi Tangerang Resmikan Immigration Corner di Universitas Pelita Harapan

Kantor Imigrasi Tangerang Resmikan Immigration Corner di Universitas Pelita Harapan

Penandatangan MoU dan perjanjian kerja sama antara Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang dan Universitas Pelita Harapan. (Tangkap layar YouTube)

SERANG – Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang bekerja sama dengan Universitas Pelita Harapan mendirikan layanan Immigration Corner. Tujuannya untuk memberikan kemudahan proses keimigrasian bagi masyarakat, khususnya di lingkup civitas akademika.

Acara Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama digelar secara daring melalui siaran langsung di kanal YouTube Universitas Pelita Harapan (UPH), Rabu (30/9/2020).

Penandatangan dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Andika Dwi Prasetya, Chief People Officer UPH Alva Manuel Tumilisar, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang, Felucia Sengky Ratna.

“Immigration Corner ini adalah inovasi pertama yang ada di Indonesia, jadi bukan hanya di wilayah Banten (saja),” kata Andika Dwi Prasetya saat pembukaan acara.

Inovasi ini dihadirkan dalam rangka memberi kemudahan secara khusus bagi mahasiswa, pegawai, dan dosen di UPH dan masyarakat pada umumnya untuk mengurus dokumen keimigrasian.

Jenis pelayanan yang diberikan antara lain adalah pembuatan dan perpanjangan paspor lama bagi Warga Negara Indonesia (WNI) serta layanan izin tinggal bagi Warga Negara Asing (WNA).

Dalam pelayanannya di tengah kondisi pandemi ini, Andika memastikan tidak akan terjadi penumpukkan. Pendaftaran layanan terlebih dahulu dilakukan secara online melalui aplikasi untuk selanjutnya mendapat jadwal pelayanan.

“Di Immigration Corner ini kami menugaskan 4 orang petugas dan 1 orang supervisor. Diatur satu minggunya hanya 3 hari, Selasa, Rabu, dan Kamis,” ujar Andika saat wawancara eksklusif bersama wartawan secara daring melalui platform Zoom.

Sebelum memutuskan bekerja sama dengan UPH, Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI telah melakukan penjajakan di beberapa universitas, dan menilai UPH paling tepat untuk inovasi ini.

“Di UPH terdapat kurang lebih 500 ekspat yang meliputi mahasiswa dan tenaga kerja asing, dan untuk pelayanan paspor sendiri juga saya rasa UPH memiliki program dimana setiap tahun (mengirim) mahasiswa ke luar negeri, sehingga pilihan ini kami rasa sangat tepat,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang, Felucia Sengky Ratna.

Chief People Officer UPH Alva Manuel Tumilisar mengapresiasi adanya Immigration Corner di Kampus UPH. Ia menilai inisiatif yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Tangerang ini sebagai langkah yang tepat sasaran dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik kepada masyarakat.

“Dalam inovasi ini, saya lihat kecepatan dan kemudahan pelayanan menjadi faktor penting (yang diberikan). Semoga kerja sama ini bisa berjalan baik, dan pelayanan dari kantor imigrasi semakin meningkat,” ujarnya. (Afifah/mg/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini