Beranda Pendidikan PAUD Diharapkan Menanamkan Pendidikan Karakter Sejak Dini

PAUD Diharapkan Menanamkan Pendidikan Karakter Sejak Dini

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. (Istimewa)

SERANG – Ratusan guru dan tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti Jambore Pendidikan Taman Kanak-Kanak (PTK) PAUD HIMPAUDI Provinsi Banten di Ratu Bidakara Hotel, Kota Serang, Rabu (5/12/2018).

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menjelaskan pendidik dan tenaga kependidikan di lembaga PAUD memegang peran penting dalam pembentukan karakter sejak dini. Sebagai garda terdepan, tertumpu pada para pendidik dan pengelola PAUD harus profesional dan berkualitas.

“Kita dapat menerapkan pendidikan karakter seawal-awalnya dari masa kanak-kanak dalam kurun waktu 3 sampai 6 tahun. Karena saya yakin umur 3 sampai 6 tahun adalah periode emas dari seorang anak untuk dapat dimaksimalkan untuk kita asah kita asih dan kita asuh,” kata Andika.





Tujuan pendidikan karakter, kata Andika, untuk membentuk sikap yang dapat membawa satu generasi ke arah kemajuan. Pemerintah pusat saat ini sedang mendorong program penguatan pendidikan karakter dengan lima nilai utama yaitu integritas, kemandirian, gotong royong dan religius. Pendidikan karakter juga membentuk sikap yang dapat membawa satu generasi ke arah kemajuan.

“Dan yang tidak kalah penting adalah meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme, jadi ini sangat berkaitan erat. Mudah-mudahan ini dapat diaplikasikan di setiap jenjang pendidikan yang ada di Provinsi Banten,” ucapnya.

Wagub Andika melanjutkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Provinsi Banten diperlukan upaya bersama dengan melibatkan berbagai unsur. Baik itu pemerintah daerah, perguruan tinggi, LSM, organisasi profesi, pendidik, praktisi dan masyarakat luas yang berkecimpung dalam program pembinaan PAUD. (Dhe/Red)