Beranda Gaya Hidup Kamu Sudah Umur 20-an Tapi Masih Bingung Punya Talenta Apa? Cek Disini

Kamu Sudah Umur 20-an Tapi Masih Bingung Punya Talenta Apa? Cek Disini

74
0
Ilustrasi - foto istimewa rimma.co

Disaat teman sebaya mu sudah pada kerja sesuai passion-nya, kamu masih stuck gini-gini aja?

Tenang, kamu gak sendirian, kok. Daripada kamu makin bingung, coba temukan talenta mu lewat 6 tips sederhana seperti dikutip dari rimma.com ini.

1. Ikuti tes kepribadian

loading...

Salah satu cara untuk mengetahui potensi kamu, adalah dengan mengikuti tes kepribadian. Lewat tes ini kamu akan mengetahui kalau kamu ini memiliki karakter kepribadian apa. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menentukan bidang pekerjaan yang kamu minati nantinya.

2. Temukan hal apa yang paling kamu kuasai

Coba ingat-ingat hal apa yang paling mampu kamu kerjakan. Kalau kamu mudah membaur dengan orang baru, gunakan kelebihan itu untuk ikut volunteer dan membangun net-working. Apabila kamu hobi memotret, mungkin kamu bisa memulainya sebagai photographer amatir di pesta pernikahan sahabatmu.

3. Tanyakan kepada keluarga atau teman apa kekurangan dan kelebihan kamu

Terkadang kita gak bisa melihat kelebihan diri kita sendiri, karena terlalu pada kekurangan kita. Itulah sebabnya, mengevaluasi diri lewat teman atau keluarga terdekat itu sangat penting. Dengan begitu pikiran kamu akan lebih terbuka dan tahu harus memperbaiki kekurangan yang mana agar jadi sosok yang lebih baik.

4. Tulis jurnal harian

Tuliskan isi hatimu atau hal-hal yang kamu pikirkan ke dalam sebuah jurnal. Setelah itu, baca kembali baik-baik jurnal tersebut. Perhatikan bagaimana cara kamu bercerita dan cara kamu menyikapi hal-hal yang kamu tulis. Dengan begitu kamu jadi tahu seperti apa sih, sebenarnya dirimu itu?

5. Perhatikan koleksi buku, musik atau film favoritmu

Masih belum menemukan juga talenta kamu apa? Coba deh, liat koleksi bacaan yang kamu punya. Kalau kamu suka dengan buku bertema romance dan ingin meluncurkan buku suatu hari nanti, kamu bisa memulainya dengan mengikuti kelas menulis untuk mengasah tulisan kamu.

6. Lebih terbuka pada perubahan

Terlalu tertutup dengan kesempatan yang ada bisa jadi hambatan buat mengembangkan diri. Hilangkan prasangka rasa minder dan jangan terus-terusan terpaku dengan apa yang kamu tidak bisa.

Setiap orang memiliki talenta masing-masing dan tidak harus sama. Cobalah sesuatu yang baru, siapa tahu dengan begitu kamu akan menemukan bakat terpendammu yang tak pernah kamu sangka sebelumnya. (Red)