Beranda Gaya Hidup Kamu Belum Kerja? Jangan Khawatir, Lakukan Banyak Hal Ini Saja!

Kamu Belum Kerja? Jangan Khawatir, Lakukan Banyak Hal Ini Saja!

56
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Setelah lulus sekolah atau kuliah kamu belum mendapatkan kerja. Saat itu kamu tentu memiliki banyak waktu luang. Yang tadinya sibuk, sekarang kamu justru bingung mau melakukan apa saking senggangnya.

Selain sibuk melamar pekerjaan dan meng-updateCV, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu kerjakan selama masih menyandang status pencari kerja.

Aktivitas-aktivitas ini mungkin akan sulit kamu jalani saat profesi pengangguran sudah tak kamu miliki, jadi jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Berikut seperti dilansir popbela.com

1. Ikut Kursus

Kamu punya hobi masak, desain, menjahit, merajut, atau coding? Kenapa tak mencoba menyeriusinya dengan mengikuti kursus keterampilan. Siapa tahu passion-mu ini akan menciptakan peluang kerja yang lebih besar dan tak kamu duga-duga. Bakat-bakat terpendam bisa kamu eksplorasi lagi dan wujudkanlah mimpi-mimpimu yang mungkin sempat tertunda.

2. Belajar Bahasa Asing

Tak harus Bahasa Inggris, kok. Walau utamanya memang kamu harus lancar berbahasa Inggris dulu sebelum belajar bahasa lain, tak ada salahnya kalau kamu belajar bahasa yang memiliki jumlah penutur cukup banyak seperti bahasa Arab, Spanyol, dan Mandarin atau bahasa populer seperti Jepang dan Korea.

3. Menjadi Relawan

Mengajar di pelosok Indonesia atau membantu para korban bencana alam di berbagai belahan bumi akan memberikan arti baru bagi kehidupanmu. Pengalaman itu pun bisa memberikan pengaruh besar pada pengembangan kariermu nanti ke depannya. Memberi manfaat bagi orang lain itu selalu menyenangkan dan banyak hikmahnya, Bela. Kamu harus mencobanya!

4. Travelling

Jika kamu sudah bekerja, tak akan ada banyak waktu lagi untuk traveling. Manfaatkan waktu yang ada untuk menjelajahi indahnya bumi Indonesia, mengenal orang-orangnya, dan mencicipi masakan-masakan lezat di setiap tempat yang kamu kunjungi. Jangan sampai kamu menyesal karena tak memanfaatkan kesempatan ini.

5. Membaca Banyak Buku

Buku adalah jendela dunia, dari sana kamu bisa melihat apa yang sedang terjadi di belahan dunia yang lain dari sebuah jendela yang diciptakan penulisnya. Membaca akan memperkaya pengetahuanmu tentang kehidupan dan pastinya akan meningkatkan kualitas diri yang sedang kamu persiapkan untuk menjadi seorang yang sukses dalam karier.

6. Family Time

Berkumpullah dengan keluarga, berikan mereka perhatian dan lakukan aktivitas sehari-hari bersama-sama. Setelah sekian lama kamu meninggalkan mereka untuk merantau karena kuliah, ini mungkin kesempatan terbaik untukmu kembali ke tempat kamu berasal dan membahagiakan keluargamu dengan kehadiranmu.

7. Memulai Bisnis

Jangan terlalu lama menunggu untuk mendapatkan kesempatan karier yang sesuai dengan keinginanmu. Karena siapa tahu sebenarnya jiwamu diciptakan untuk menjadi seorang bos, bukan karyawan. Mulailah melirik peluang untuk berbisnis dan menghasilkan uang sendiri tanpa harus menghamba pada orang lain.

8. Menonton Ribuan Film

Kamu yang tak suka membaca mungkin bisa menjadikan film sebagai penggantinya. Tontonlah ribuan film dengan berbagai genre untuk memberikan pandangan yang luas terhadap suatu masalah. Mungkin pesan-pesan yang disampaikan dalam film-film yang kamu tonton akan bisa kamu petik manfaatnya suatu saat nanti.

9. Freelance atau Part Time

Penawaran kerja sebagai pekerja lepas atau paruh waktu biasanya terbuka lebih luas daripada pekerja tetap. Jadi jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini, ambillah sebagai pengalaman kerja dan untuk memperpanjang apa yang sudah tertulis di CV atau resume-mu. Pengalaman freelance dan kerja part time bisa kamu gunakan untuk mengenal dunia kerja lebih dekat.

10. Jatuh Cinta

Ini serius, Jatuh cinta selalu menghabiskan banyak waktu dan energi. Jika sekarang kamu menganggur, artinya kamu punya banyak waktu untuk jatuh cinta. Kalau memang memungkinkan, kenapa tidak? Pengangguran bisa membawa jodoh juga, kan?

Ternyata banyak kan, yang bisa kamu lakukan? Jadi jangan tiduran di atas kasur saja sambil mengecek e-mail, bergeraklah dan mungkin di sana kamu akan menemukan ladang rezekimu. Keep moving. (Red)