Beranda Gaya Hidup Cara Ini Dipercaya Bisa Bikin Kamu Jadi Lebih Pintar

Cara Ini Dipercaya Bisa Bikin Kamu Jadi Lebih Pintar

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Pekerjaan kita di kantor terkadang benar-benar membuat kepala pusing. Coba saja kita lebih pintar lagi, mungkin pekerjaan kita tak akan terasa sesulit ini untuk diselesaikan.

Nah, Kamu bisa kok menjadi lebih pintar hari ini dengan cara-cara yang sangat sederhana dan bisa segera kamu terapkan. Ayo, kita sama-sama mencoba lima trik berikut hari ini!

1. Kurangi multitasking digital

Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menunjukkan bahwa sering bekerja atau membaca laporan di laptop sambil membalas chat atau e-mail bisa menurunkan tingkat IQ-mu. Ternyata orang-orang yang sering melakukan ini hanya bisa menyerap informasi lebih sedikit dari mereka yang fokus mengerjakan satu hal saja. Jadi jangan biasakan melakukan dua hal atau lebih sekaligus.

2. Simpan semua pencarian Google

Sebelum ada Google, orang-orang harus mencari tahu informasi yang mereka butuhkan secara manual. Entah pergi ke perpustakaan atau bertanya pada orang lain. Ternyata penelitian yang dilakukan oleh University of Columbia membuktikan bahwa sistem memori di era Google ini lebih sedikit kapasitasnya.

Ini karena kita terbiasa untuk langsung lari ke Google saat mencari jawaban dan kemudian dengan mudah melupakannya. Jadi cobalah untuk menuliskan kembali hasil pencarian Google-mu di sebuah catatan atau buku kecil supaya kamu bisa mengasah memorimu.

3. Mendengarkan musik

Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat mendengarkan musik klasik pada tingkat kecerdasan seseorang. Baru-baru ini University of Helsinki merilis penelitiannya yang menyatakan bahwa tak hanya musik klasik, tapi musik instrumental juga bisa meningkatkan kinerja otak kita. Jadi sekarang kamu bisa mengisi lagu-lagu instrumental di playlist lagumu untuk kamu dengarkan sembari bekerja.

4. Membaca cepat

Membaca dengan cepat bisa mengurangi proses yang memakan waktu seperti mengucapkan setiap kata yang kamu baca di dalam pikiranmu. Lagipula, membaca bisa mengurangi tekanan dalam pikiranmu sehingga beban kerja otakmu tak akan terasa berlebihan lagi.

5. Coba rute baru ke kantor

Seumur hidup manusia, sel-sel otak baru tak berhenti tercipta dalam otak. Terutama ketika kamu sedang menghadapi tantangan baru. Jadi tantang dirimu untuk mencoba rute baru ke kantor untuk membentuk jaringan sel otak baru saat kamu berusaha memecahkan masalahmu dan mencari jalan ke kantor. Kamu juga bisa mencoba trik ini untuk hal-hal lain seperti mencoba mendatangi kafe yang tak biasanya kamu kunjungi saat bertemu dengan klien.

Yuk, kita kembangkan lagi kemampuan otak kita setiap hari. Jangan pernah berhenti belajar dan mencari cara untuk mengasah otak, karena otak kita merupakan aset yang paling berharga. Ayo bagikan informasi ini pada sahabat-sahabatmu supaya mereka juga bisa mengembangkan diri. (Red)

Sumber : popbela.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini