Beranda Gaya Hidup Jenis Gaya Makeup yang Bisa Dipelajari, Mana Pilihanmu?

Jenis Gaya Makeup yang Bisa Dipelajari, Mana Pilihanmu?

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Riasan atau biasa yang dikenal dengan sebutan makeup memiliki gaya yang spesifik dan bervariasi. Ragam makeup mengacu pada pendekatan, teknik, atau estetika khusus yang digunakan seseorang saat merias wajah.

Gaya riasan bisa sangat bervariasi, mulai dari natural dan halus hingga berani dan dramatis bergantung pada preferensi individu dan acaranya. Beda negara dan acara, berbeda pula gaya makeup yang dipakai.

Ada 10 jenis gaya makeup yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Apa saja?

1. Natural Makeup

Gaya ini bertujuan untuk menyempurnakan wajah sambil tampil seolah-olah tidak memakai banyak riasan sama sekali. Biasanya dalam jenis makeup ini hanya mencakup eyeshadow berwarna netral, alas bedak ringan atau pelembab berwarna, perona pipi halus, dan lipstik berwarna lembut.

2. Smokey Eye Makeup

Gaya riasan klasik yang menampilkan eyeshadow gelap dan luntur, sering kali dalam nuansa hitam atau abu-abu, dipadukan untuk efek dramatis. Biasanya dipadukan dengan eyeliner tebal dan maskara.

3. Glam Makeup

Gaya ini adalah tentang menciptakan tampilan yang berani dan high-impact look. Ini mencakup kontur yang intens, eyeshadow yang berkilauan, alis yang tebal dan tegas, bulu mata palsu yang dramatis, dan warna bibir yang cerah.

 4. Riasan Vintage

Gaya riasan vintage bertujuan untuk menciptakan kembali tren riasan beberapa dekade terakhir. Misalnya, gaya pin-up tahun 1950-an menampilkan bibir merah, eyeliner bersayap, dan alis tegas, sedangkan tampilan flapper tahun 1920-an menonjolkan mata gelap, smoky eyes, dan bibir berkuncup mawar.

5. Riasan Gotik

Ditandai dengan penampilan yang gelap, dramatis, dan edgy. Seringkali melibatkan eyeliner hitam tebal, eyeshadow gelap, dan warna bibir yang dalam dan tegas, seperti hitam atau merah tua.

6. Makeup No Makeup

Gaya ini berfokus untuk mendapatkan tampilan alami yang menyembunyikan ketidaksempurnaan sekaligus tampil seolah-olah tidak memakai riasan apa pun. Biasanya hanya memakai alas bedak ringan atau krim BB, eyeshadow halus, dan warna bibir netral.

7. Riasan Pengantin

Dirancang khusus untuk pengantin wanita, gaya ini meningkatkan kecantikan alami pengantin wanita dan biasanya menggunakan warna-warna lembut dan romantis, produk tahan lama, dan fokus untuk menciptakan corak kulit yang sempurna.

8. Riasan Fantasi

Sering terlihat dalam riasan kostum atau untuk pemotretan kreatif, riasan fantasi sangat artistik dan imajinatif. Ini bisa melibatkan lukisan wajah yang rumit, warna-warna cerah, dan desain yang rumit.

9. Boho Makeup

Terinspirasi oleh gaya hidup bohemian, gaya riasan ini menampilkan warna-warna alami, eyeshadow yang lembut dan menyatu, alas bedak minimal, dan fokus untuk menciptakan kilau alami seperti sinar matahari.

10. Riasan Editorial

Riasan Editorial memiliki gaya yang berani, avant-garde, dan sering digunakan dalam pemotretan mode kelas atas serta peragaan busana. Ini melibatkan penampilan riasan kreatif dan artistik yang mendobrak batasan.

Itu tadi hanyalah beberapa contoh, dan gaya riasan dapat digabungkan serta disesuaikan agar sesuai dengan preferensi individu dan acara. Pada akhirnya, gaya riasan adalah sarana bagi individu untuk menunjukkan kreativitasnya, menyempurnakan penampilan, dan memproyeksikan citra atau kesan yang mereka inginkan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini