Beranda Kesehatan Jelang Pilkades Serentak 2021, Pemkab Serang Genjot Vaksinasi

Jelang Pilkades Serentak 2021, Pemkab Serang Genjot Vaksinasi

Kepala Dinas (Dinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi

KAB. SERANG – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Serang sudah di depan mata. Pesta demokrasi itu akan digelar pada 31 Oktober mendatang dan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Para calon kepala desa (cakades), panitia, serta sejumlah masyarakat yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah harus divaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas (Dinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan, pada momen menjelang Pilkades serentak pihaknya pun lebih gencar melaksanakan vaksinasi terutama di desa yang akan melaksanakan Pilkades.

“Kegiatan vaksinasi di Kabupaten Serang secara signifikan meningkat per minggunya. Salah satu upaya Kabupaten Serang dalam percepatan vaksinasi dengan memanfaatkan momen Pilkades, jadi mudah-mudahan ada kesadaran masyarakat terutama bagi masyarakat yang mempunyai atau terdaftar di DPT, agar mereka sebelum memberikan hak suaranya terlebih dahulu melakukan vaksinasi di desa-desa yang sudah kita siapkan tenaga kesehatannya,”ujar Agus melalui keterangan tertulis yang di siarkan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik), Minggu (24/10/2021).

Berdasarkan informasi dari penyelenggara, ia menyebutkan terdapat sekitar 300 ribu lebih masyarakat pemilih yang masuk dalam DPT. Dengan antusias masyarakat seperti itu, diharapkan target vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang dapat mencapai 70 persen untuk membentuk herd immunity.

“Karena itu untuk minggu ini kita betul-betul mengoptimalkan seluruh tenaga kesehatan agar melaksanakan di desa-desa yang menyelenggarakan pilkades,” kata Agus.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rachmat Maulana. Ia mengatakan terkait vaksinasi untuk Pilkades, pihaknya telah mengumpulkan seluruh Camat untuk memastikan bahwa setiap kecamatan sudah melaksanakan percepatan vaksinasi.

“Karena ini waktunya mepet, kita wajib all out. Kita wajib memasifkan apa yang bisa kita lakukan, kita lakukan semaksimal mungkin. Dengan mengumpulkan para Camat, maka komitmen para Camat untuk melakukan upaya yang terbaik mereka dalam kegiatan vaksinasi apakah sudah maksimal atau belum. Sudah ada yang mulai ternyata dari Rabu pekan kemarin,” kata Rachmat.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini