Beranda Peristiwa Jelang Nataru Satlantas Polres Pandeglang Mulai Cek Jalur Wisata

Jelang Nataru Satlantas Polres Pandeglang Mulai Cek Jalur Wisata

Anggota Satlantas Polres Pandeglang. (IST)

PANDEGLANG – Menjelang perayaan Natal dan Tahun baru 2024 mendatang, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pandeglang mulai melakukan persiapan dengan mengecek jalur yang akan digunakan oleh para pengendara mulai dari perbatasan Serang-Pandeglang hingga jalan disepanjang area wisata pantai.

Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Made Hendra Kusumanata mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan jalur yang akan digunakan pengendara terutama jalur yang akan digunakan untuk wisata.

Kata dia, hasil pengecekan jalur tersebut masih ditemukan ada beberapa jalan yang masih dalam perbaikan, namun berdasarkan informasi dari pihak kontraktor jalur tersebut dipastikan bisa digunakan saat Natal dan Tahun Baru.

“Untuk jalur wisata sudah kami cek kesiapannya dan sudah siap semua tapi memang ada beberapa titik yang memang masih dalam perbaikan. Penanggungjawab sudah kami panggil dan kami sudah minta informasi terkait dengan waktu penyelesaiannya, dari penjelasan mereka sebelum Natal dan tahun baru itu sudah beres dan sudah bisa digunakan jalurnya,” kata Hendra saat ditemui di ruangannya, Rabu (22/11/2023).

Ia menjelaskan, salah satu jalan yang masih dalam perbaikan yakni jalur Mengger-Caringin tepatnya di tanjakan Bangangah Kecamatan Pulosari. Selain masih dalam perbaikan, jalan tersebut juga terkenal sering terjadi kecelakaan sehingga akan menjadi salah satu perhatian dari Satlantas Polres Pandeglang.

“Nanti fokus kami disampaikan kepada pengendara, disosialisasikan, diingatkan kembali dan di tempat juga petugas di situ agar lebih aman lagi. Saya pikir pengendara sudah tahu semua kalau di situ jalur agak rawan jadi harus disosialisasikan kalau mau melintas di jalur itu harus dalam keadaan baik kendaraannya,” terangnya.

Hendra juga mengaku akan memberlakukan buka tutup jalur di jalan Cipacung-Mengger jika terjadi kepadatan kendaraan. Hal itu berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang sering terjadi kemacetan di lokasi tersebut.

“Sementara masih menggunakan metode yang lama (buka tutup jalur) yang digunakan karena belum kami temukan metode lain, kecuali memang sudah jadi jalan tol Serang-Panimbang mungkin itu alternatif yang lainnya tapi untuk sementara ini masih (metode) itu sih,” ungkapnya.

Terakhir, Hendra mengimbau kepada para pengendara yang akan melintas ke Kabupaten Pandeglang agar lebih berhati-hati saat di jalan dan memastikan kendaraannya dalam kondisi baik saat digunakan.

“Ditingkatkan lagi kesadarannya karena di jalan itu bukan hanya punya kita sendiri masih ada pengendara lain. Intinya saling menghormati dan keselamatan itu datangnya dari diri sendiri,” imbaunya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini