Beranda Hukum Jelang Nataru 2022, Polres Serang Rakor Lintas Sektoral

Jelang Nataru 2022, Polres Serang Rakor Lintas Sektoral

Polres Serang menggelar rapat koordinasi (Rakor) eksternal Operasi Lilin Maung dalam rangka mempersiapkan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

KAB. SERANG – Polres Serang menggelar rapat koordinasi (Rakor) eksternal Operasi Lilin Maung dalam rangka mempersiapkan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Satresnarkoba Mapolres Serang pada Kamis (15/12/2022).

Rapat eksternal dihadiri Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, Asisten Daerah (Asda) 1 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang Nanang Supriyatna, Paur Kodim 0602 Serang Lettu Ramdhani, para pejabat utama (PJU) Polres Serang, Kapolsek jajaran serta instansi terkait lainnya.

Kapolres AKBP Yudha Satria mengatakan rakor lintas sektoral tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan operasi jelang Nataru dari tahun sebelumnya agar kamtibmas perayaan Nataru di Kabupaten Serang yang aman dan kondusif.

“Kegiatan rapat koordinasi eksternal ini merupakan upaya kita dalam menjaga situasi agar perayaan Nataru berjalan lancar aman dan kondusif,” kata Kapolres.

Dalam Operasi Lilin Maung 2022, Polres Serang akan menurunkan 160 personil dan mendirikan 4 Pospam dan 1 Pos Pelayanan. Jumlah personil tersebut belum termasuk dari TNI dan instansi terkait lainnya.

“Keempat pospam berada simpang Ciruas, gerbang tol Ciujung, Pasar Tambak dan simpang Asem Cikande. Sedangkan untuk Pos Pelayanan berada di Kawasan Modern Cikande,” terang Yudha.

Kapolres berharap agar semua pihak dapat berperan dalam menciptakan situasi keamanan serta ketertiban. “Dalam menjaga kamtibmas yang kondusif, Polri tidak bisa bekerja sendiri, perlu ada kebersamaan dari semua pihak” ucap Yudha Satria.

Yudha menambahkan hal lain yang perlu diantisipasi oleh anggotanya yaitu kejahatan jalanan yang dilakukan sekelompok pelajar baik SMP ataupun SMA, serta berandal jalanan yang menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kemudian, berandalan bermotor kita tidak menyebut geng motor karena tidak setiap geng motor jelek. Paska ujian semester, dikhawatirkan terjadi aksi tawuran pelajar dan dimungkinkan aksi berandal jalanan akan meningkat,” kata Kapolres.

Asda 1 Pemkab Serang Nanang Supriyatna mengatakan bahwa situasi kamtibmas setiap tahun berbeda. Oleh karenanya, rakor eksternal ini perlu dilakukan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dari tahun sebelumnya.

“Kita harus memperhatikan tren mobilitas masyarakat yang mengalami peningkatan karena bersamaan dengan waktu libur sekolah. Harapan kita Ops Lilin Maung 2022 ini berjalan dengan aman dan lancar.

Nanang menambahkan perlu dilakukan patroli berskala besar pada malam tahun baru mengingat banyaknya masyarakat yang akan merayakannya. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini