Beranda Pemerintahan Jelang Idul Adha, Ini Data Sementara Hewan Kurban di Pemkot Serang

Jelang Idul Adha, Ini Data Sementara Hewan Kurban di Pemkot Serang

Petugas melakukan pengecekan hewan kurban - (Foto Alwan/BantenNews.co.id)

SERANG – Kepala Bagian (Kabag) Kesra Kota Serang, Hayaudin, mengungkapkan bahwa data sementara penerimaan hewan kurban baik dari tingkat OPD hingga Kelurahan belum pasti. Mengingat Hari Raya Idul Adha ditetapkan oleh Pemerintah pada tanggal 10 Juli 2022.

“Dari Pemkot Serang datanya masih sementara, nanti data pastinya hari Sabtu,” ujarnya, Kamis (7/7/2022).

Ia mengungkapkan bahwa saat ini terkonfirmasi hewan kurban yang diserahkan ke Pemkot Serang sebanyak 61 ekor kambing, 5 kerbau dan 6 ekor sapi. Hayaudin menegaskan bahwa jumlah tersebut masih berubah.

“Sementara ini datanya masih berubah, kami menerima hewan kurban dari Kelurahan, Kecamatan dan Dinas,” ujarnya.

Hayaudin mengatakan, untuk distribusi hewan kurban dilakukan di sejumlah titik, khusus kurban dari Pemkot Serang diserahkan di Masjid Agung Ats-Tsauroh. Sedangkan hewan kurban lainnya didistribusikan sesuai dengan permohonan masyarakat melalui proposal yang masuk ke bagian Kesra.

“Dari kesra memploting pembagian dari proposal masyarakat yang membutuhkan. Saat ini ada 76 yang mengajukan, kalau masih banyak yang masuk paling kita sortir lagi dari pemohon masyarakat mana yang kondisinya paling, karena jumlah kurban dari kita enggak banyak,” ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa untuk distribusi hewan kurban dilakukan saat hewan tersebut masih hidup, sehingga untuk pemotongan dilakukan langsung oleh masyarakat Kota Serang. Hayaudin berharap, seluruh OPD, Kecamatan dan Kelurahan dapat mengirimkan hewan kurbannya, agar semua pemohon dari masyarakat dapat sama-sama merasakan hewan kurban.

“Target kita terpenuhi apa yang dimohon, harapannya setiap Kelurahan mengirimkan hewan kurban. Kalau pemotongan, masyarakat langsung yang memotong, kita hanya menyalurkan hewan kurban yang masih hidup,” ujarnya.

Pemkot Serang masih terus mengkoordinir hewan kurban yang nantinya akan disalurkan di sejumlah titik di Kota Serang. Ada yang berbeda pada Idul Adha tahun ini, bahwa hewan kurban yang dikoordinir tidak hanya dari OPD se-Kota Serang saja.

Walikota Serang, Syafrudin, mengungkapkan bahwa tahun ini, pihak kelurahan menyerahkan hewan kurban ke Pemkot Serang. Sehingga jumlah hewan kurban pada lebaran Idul Adha kali ini diharapkan dapat mencukupi untuk dibagikan kepada masyarakat Kota Serang.

“Pemkot kordinasi baik tingkat OPD sampai ke Lurah, hewan kurban ada yang kerbau, sapi,” ujarnya, Kamis (7/7/2022).

Syafrudin mengungkapkan bahwa jumlah hewan kurban yang dikoordinir oleh Pemkot Serang melalui Bagian Kesejahteraan Masyarkat (Kesra) belum lengkap karena data masih berjalan. Sementara itu, untuk penyalurannya nanti akan dilakukan oleh Bagian Kesra ke titik pembagian yang sudah ditentukan, salah satunya Masjid Ats-Tsauroh.

“Jumlahnya belum jelas ada di Kabag kesra. Disalurkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, banyak proposal yang masuk, dari majelis taklim ponpes, insyallah kebagian, dari lurah juga mengirimkan, Pemkot nanti disalurkan ke Masjid Ats-Tsauroh,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini