Beranda Sosial Jazuli Juwaini Bawa Donasi untuk Korban Gempa NTB

Jazuli Juwaini Bawa Donasi untuk Korban Gempa NTB

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaeni menyerahkan bantuan untuk korban gempa Lombak, NTB. (Foto : ist)

LOMBOK – Setelah menginstruksikan penggalangan dana, Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyerahkan langsung bantuan Fraksi PKS DPR untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sesuai janjinya kala itu, Jazuli Juwaini menyerahkan gajinya bulan Agustus untuk korban gempa. Ia juga menyerahkan bantuan hasil donasi seluruh anggota Fraksi PKS DPR.

“Bismillah, hari ini Fraksi PKS DPR menyerahkan bantuan untuk korban gempa NTB antara lain berupa 20 tenda, paket sembako, dan perlengkapan mandi, dan lain-lain,” kata Jazuli melelui siaran persnya, Selasa (14/8/2018).

Menurut Anggota Komisi I ini, bantuan ini adalah bentuk empati dan kepedulian seluruh Anggota Fraksi PKS DPR atas korban gempa. Ia berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan meringankan kebutuhan para korban yang saat ini masih membutuhkan banyak uluran tangan. Jazuli bersama tim dan didampingi Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi NTB Johan Rosihan.

“Saya datang langsung bekerja sama dan didampingi oleh Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi NTB Bapak Johan Rosihan selain untuk menyerahkan bantuan, juga untuk melihat langsung kondisi korban, penampungan pengungsi dan penanganan korban gempa secara umum oleh Pemerintah maupun Pemda. Kita juga ingin mendengar langsung aspirasi dan harapan masyarakat termasuk pemda terhadap proses tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Jazuli menyatakan bahwa Fraksi PKS DPRD NTB sudah mengusulkan musibah gempa ini sebagai bencana nasional. Fraksi PKS Pusat, tegas Jazuli, akan menguatkan usulan ini kepada Pemerintah Pusat sambil berharap agar Pemerintah Daerah tidak ragu atau gengsi mengusulkan bencana nasional. Yang terpenting, dengan status tersebut upaya penyelamatan korban, rehabilitasi dan rekonstruksi dapat berlangsung baik dan cepat dengan dukungan optimal dari Pemerintah Pusat.

Ia menambahkan, Ketua Fraksi PKS mengapresiasi upaya penanganan tanggap darurat gempa yang telah dilakukan oleh Pemda, Pemerintah Pusat, para relawan dan donatur yang sampai saat ini terus mengalir ke NTB. Meski demikian, ia mendesak Pemerintah agar dalam mengkoordinasikan bantuan dilakukan secara merata dan menyeluruh, apalagi Presiden Jokowi telah datang langsung meninjau lokasi kemarin (13/8/3018).

“Pantauan kami di lapangan beberapa lokasi belum tersentuh bantuan. Jadi kami minta distribusi bantuan merata dan menyeluruh,” pintanya.

Hasil inventarisir melalui serap aspirasi korban gempa, problem yang dihadapai oleh korban terdampak bencana meliputi kebutuhan sebagai berikut: kebutuhan pokok untuk makan sehari-hari, kebutuhan tenda, fasilitas MCK dan perlengkapan mandi, obat-obatan dan layanan medis, peralatan dan bantuan tenaga untuk merobohkan bangunan yang runtuh dan membersihkan puing-puing, serta bantuan untuk membangun kembali rumah warga.

“Solidaritas, empati dan kepedulian kita terhadap korban gempa NTB dan sekitarnya luar biasa. Ini menjadi bukti bahwa bangsa kita memiliki rasa kemanusiaan dan gotong royong yang tinggi. Atas nama Fraksi PKS kami bangga dan mengapresiasi!,” ujar Jazuli. (ink/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini