Beranda Bisnis Jajaran Pengurus Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) Banten Resmi Dilantik

Jajaran Pengurus Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) Banten Resmi Dilantik

Pelantikan pengurus Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) Banten periode 2021-2026 secara virtual di aula Disnakertrans Provinsi Banten, KP3B, Sabtu (9/10/2021).

SERANG – Direktur Eksekutif Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) Edi Diarman Djasman resmi melantik jajaran pengurus Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) Banten periode 2021-2026 secara virtual di aula Disnakertrans Provinsi Banten, KP3B, Sabtu (9/10/2021). Dalam kegiatan pelantikan API Banten hadir juga secara virtual Kepala Disnakertrans Banten Al Hamidi, Ketua DPRD Banten Andra Soni.

Dalam sambutannya Edi mengatakan keberadaan tenaga ahli dan terampil di bidang pengelasan sangat dibutuhkan Indonesia seiring pesatnya perkembangan berbagai jenis industri seperti manufaktur, migas, telekomunikasi, dirgantara, perkapalan, dan alat berat.

“Tenaga ahli dan terampil itu sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembangunan maupun perawatan peralatan industri, baik di dalam maupun di luar negeri. Apalagi, teknologi pengelasan kian maju dan berkembang. Di samping itu, Indonesia juga diharapkan dapat menerapkan standar pengelasan yang tinggi untuk menjamin keselamatan kerja dan industri,” ucapnya.

Ketua API Cabang Banten Helman Nofrando periode 2021-2026 mengatakan kegiatan ini guna memperkenalkan API Cabang Provinsi Banten kepada anggota – anggota pengurus yang baru bergabung dalam kepengurusan API Cabang Provinsi Banten periode 2021-2026. API Banten ke depan akan memfasilitasi tenaga kerja pengelasan agar memiliki sertifikasi baik yang diterbitkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pengelasan maupun sertifikasi welding internasional.

Menurutnya dengan memiliki sertifikasi keahlian di bidang pengelasan, maka seseorang berkesempatan untuk bekerja di berbagai industri baik dalam dan di luar negeri. Ia mencontohkan di Polandia peluang kerja pengelasan terbuka lebar. Untuk itu pihaknya juga bersama Disnakertrans Banten akan mendorong penerapan tekonologi pengelasan yang memenuhi standar kualitas industri dunia serta terjaminnya keselamatan kerja.

“Makanya saya yakin dan kami harap Pemrov Banten dapat mendukung penuh mencetak SDM-SDM yang berkualitas sehingga SDM-SDM pengelas di wilayah Banten dapat memenuhi kebutuhan industri di lokal, nasional maupun internasional,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Disnakertrans Banten Al Hamidi mengapresiasi atas pelantikan pengurus API Banten. Pihaknya bersama API Banten akan bersinergis meningkatkan kompetensi SDM para pengelas di wilayah Provinsi Banten.

“Kegiatankegiatan API Banten. kami sangat mendukung.Harapanya teman- teman API Banten dapat bergerak cepat. Kami akan mendukung dengan program API Banten. Selanjutnya kami dari Disnaker dengan API Banten dapat bersinergi menjalin hubungann yang erat, ” ucapnya.

Ketua DPRD Banten Andra Soni mengapresiasi atas pembentukan dan pelanikan jajaran pengurus API Cabamg Banten peroide 2021-2026. “Selamat pada kepengurusan API Banten periode 2021-2026. Semoga hadirnya API Banten dapat berkontribusi dalam dunia industri pengelasan di Banten. Saya yakin para pengurus memiliki visi misi yang baik dalam dunia industri pengelasan di wilayah Provinsi Banten,” ucapnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ