Beranda Artis JAFF 2022 Suguhkan Ratusan Film Memukau

JAFF 2022 Suguhkan Ratusan Film Memukau

Pembukaan JAFF 2022. (IST)

JAKARTA – Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) ke-17 resmi dibuka dengan menghadirkan 137 film dari 19 negara Asia Pasifik. Acara tersebut berlangsung selama 8 hari yakni sejak 26 November hingga 3 Desember 2022 di Empire XXI Yogyakarta.

Festival kali ini dibuka dengan penayangan film antologi 10 film pendek berlatar 10 kota karya 10 sutradara muda Indonesia dengan tajuk “Piknik Pesona”. Pemutaran hasil produksi Vision Pictures dan Palari Films tersebut dilakukan secara serentak di lima studio Empire XXI Yogyakarta.

Pada usianya yang ke-17, JAFF mengusung tema “Blossom” atau bersemi untuk menandai usia muda yang sarat dengan energi, keingintahuan, dan kreativitas.

Festival President Budi Irawanto mengungkapkan, JAFF menjadi bukti konsistensi selama 17 tahun ini untuk mempromosikan sinema Asia.

“Tahun ke tujuh belas penyelenggaraan JAFF menjadi bukti konsistensi dan komitmen JAFF untuk terus mempromosikan dan mendesiminasi sinema Asia,” ungkap Budi melalui keterangan yang diterima BantenNews.co.id pada Senin (28/11/2022).

Tema yang diusung juga menyimbolkan munculnya inovasi-inovasi baru dalam moda produksi dan penjelajahan artistik, serta bakat-bakat baru di lanskap sinema Asia, meski di tengah pandemi yang masih melanda.

“Selain itu, pada edisi ke-17, JAFF memberi ruang yang luas para pembuat film muda mempertontonkan karya terbaiknya yang menawarkan kesegaran perspektif dan sudut pandang berbeda tentang budaya dan masyarakatnya,” ujarnya

Menjadi pembuka yang fantastis, Piknik Pesona menjadi salah satu film yang tiketnya langsung habis terjual saat penjualan tiket JAFF17 dibuka pada 19 November lalu. Disusul lebih dari 10 film yang tiketnya habis terjual kurang dari 30 menit sejak dibuka.

Festival Director Ifa Isfansyah mengatakan antusiasme para pencinta film untuk kembali merasakan pengalaman menonton film serta berdialog dan berjejaring selama JAFF terasa sangat semarak, setelah tahun sebelumnya terdapat pembatasan kuota di dalam ruang bioskop.

“Jumlah pengunjung dan penonton di JAFF selalu bertambah. Setiap tahunnya muncul penonton-penonton baru yang datang ke JAFF untuk pertama kalinya. Hal ini semakin membuat saya semakin yakin bahwa budaya sinema di Indonesia akan terus semakin kuat”, ungkap Ifa.

Sementara itu secara daring, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sultan Hamengkubowono melalui Wakil Gubernur, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, berharap JAFF bisa menjadi pemantik semangat dalam industri sinema Indonesia di Asia.

“Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2006, JAFF telah menjadi ruang yang tak terpisahkan dengan dinamika masyarakat Jogja. Selaras dengan tema yang diusung JAFF17 yaitu Blossom, menjadi harapan kita bersama bahwa gelaran ini menjadi penanda pertumbuhan serta semangat pembaruan dalam moda produksi, penjelajahan artistik, dan tematik dalam lanskap sinema Asia sehingga JAFF mampu berkontribusi untuk menjadikan Yogyakarta sebagai barometer sinema Indonesia di Asia,” kata KGPAA Paku Alam X dalam sambutannya.

JAFF17 akan dilaksanakan secara luring dan daring sejak 26 November hingga 3 Desember 2022 dengan Empire XXI yang menjadi lokasi utama selain LPP Yogyakarta dan KLIKFILM untuk menikmati JAFF17 secara daring.

Jadwal program JAFF17 dan cara membeli tiket dapat dilihat melalui akun media sosial resmi @jaffjogja dan situs resmi, jaff-filmfest.org. Tiket dapat dibeli melalui situs resmi jaff-filmfest.org dan TIX.ID. (Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini