Beranda Pemerintahan Jadi Sentra Kerbau Terbaik Nasional, Lebak Siap Menjadi Lumbung Ternak

Jadi Sentra Kerbau Terbaik Nasional, Lebak Siap Menjadi Lumbung Ternak

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Peternakan Lebak menggelar Kontes Ternak - foto istimewa

LEBAK – Masih dalam rangkaian kegiatan Festival Seni Multatuli 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Peternakan Lebak menggelar Kontes Ternak Ke III yang digelar selama dua hari, tanggal 13-14 September 2019 bertempat Lapangan Sepak Bola Mutiara, Desa Cilangkap. Kecamatan Kalanganyar.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya yang hadir bersama Wakil Bupati, Ade Sumardi pada puncak acara Kontes Ternak Ke III sekaligus pengumuman juara pada kontes ternak ini, mengatakan kegiatan kontes ternak ini merupakan puncak dari penilaian kontes ternak yang sebelumnya telah dilakukan penilaian berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang berkaitan dengan kualitas bibit ternak yang baik.

“Melalui kontes ternak ini Lebak siap menjadi lumbung ternak untuk mendukung destinasi pariwisata, dimana masyarakat peternak di Kabupaten Lebak siap menghasilkan bibit ternak yang terbaik untuk keperluan budidaya ternak guna meningkatkan produktivitas untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan masyarakat,” ujar Iti, Sabtu (14/9/2019) melalui siaran tertulis.

Iti juga menjelaskan kontes ternak ini hadir untuk mendukung dan mendorong serta memberikan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada insan peternakan dalam menghasilkan kualitas bibit unggul yang baik, serta bertujuan menumbuhkan dan menstimulasi peternak dalam menerapkan pemurnian dan prinsip-prinsip pembibitan serta mendorong membentuk sentra-sentra bibit ternak secara mandiri khususnya di Kabupaten Lebak.

“Kami berharap para peternak mampu mandiri, cerdas, terampil dan berdaulat sebagai salah satu upaya mendukung Kabupaten Lebak menjadi destinasi unggulan nasional berbasis potensi lokal melalui pengembangan sektor peternakan,” Jelas Iti.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M. Tauchid yang juga turut hadir mengapresiasi dengan kegiatan kontes ternak yang digelar Pemkab Lebak, dimana menurut Agus, Lebak sudah melangkah lebih jauh dalam pengembangan sentra ternak khususnya ternak kerbau.

“Dari sepuluh kabupaten terbaik sentra kerbau se- Indonesia, Kabupaten Lebak masuk sabagai salah satunya,” katanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini