Beranda Peristiwa Jadi Lautan Sampah, Relawan Pandawara Gotong Royong Bersihkan Teluk Labuan

Jadi Lautan Sampah, Relawan Pandawara Gotong Royong Bersihkan Teluk Labuan

Ratusan warga hingga pelajar terjun ke lokasi membantu membersihkan tumpukan sampah di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.
Ratusan warga hingga pelajar terjun ke lokasi membantu membersihkan tumpukan sampah di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

PANDEGLANG – Pandawara Grup bersama masyarakat dan beberapa instansi pemerintah melakukan aksi nyata membersihkan tumpukan sampah di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Senin (22/5/2023).

Seperti yang diketahui, tumpukan sampah di Desa Teluk merupakan salah satu masalah klasik yang terus menerus terjadi di masyarakat namun belum ada solusi konkrit dari pemerintah terkait khususnya Kabupaten Pandeglang dan Provinsi Banten.

Sebelum melakukan aksi tersebut, Pandawara Grup memposting sebuah video yang menyatakan bahwa pantai di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang merupakan pantai terburuk dan terkotor nomor 1 di Indonesia.

Dalam postingan itu pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat dan elemen lain untuk bersama-sama membersihkan sampah pada hari ini. Tidak butuh waktu lama, postingan itupun langsung viral hingga membuat Pemda Pandeglang dan Provinsi Banten gerah dan ikut terjun bersama membersihkan sampah.

Seorang personil Pandawara Grup, Ikhsan Pandawara mengatakan bahwa aksi mereka mengajak masyarakat untuk ikut bersama-sama membersihkan tumpukan sampah di Desa Teluk, Labuan sebagai bentuk tanggungjawab bersama.

“Tujuan kita terkait masalah lingkungan karena lingkungan adalah tanggungjawab kita semua jadi siapapun itu, tetap masalah lingkungan semuanya itu tanggungjawab kita semua. Kita lihat dan kita perhatiin di beberapa lokasi dan ini menurut kita termasuk yang terparah karena berlipat-lipat dan ya mungkin pantai kuta yang ada di Bali pun sesuai data dan survei itu termasuk ke enam dan ini menurut kita mungkin bisa jadi yang pertama,” tegas Ikhsan disela-sela kegiatan.

Kata Ikhsan, ia bersama 4 rekannya yang lain 2 hari sebelumnya mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait tumpukan sampah yang ada di Desa Teluk. Setelah itu, ia bersama rekannya langsung mendatangi lokasi dan benar di lokasi tersebut memang terdapat tumpukan sampah yang sangat luar biasa.

“Kami tahu informasi ini sejak 2 hari kemarin dan kebetulan kami ada di Pandeglang kami mendapat laporan dari salah satu netizen kami yang melaporkan lokasi tersebut dan langsung cek, kondisinya pun memang langsung harus segera dirapihkan jadi kami mengajak para warga Banten untuk ikut serta membersihkan Pantai Teluk ini,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu solusi yang harus ditawarkan oleh pemerintah adalah menyediakan lokasi untuk pembuangan sampah. Sebab meskipun masyarakat sudah sadar membuang sampah pada tempatnya namun jika tidak ada tempat pembuangan akhir permasalahan tersebut akan terus berlanjut.

“Solusinya (pemerintah) bisa menyediakan fasilitas untuk masyarakat dan sosialisasi terhadap masyarakat agar bisa menjaga lingkungan serta membuang sampah pada tempatnya,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini