Beranda Pemerintahan Ino: Usaha Kecil Penopang Utama Ekonomi Bangsa

Ino: Usaha Kecil Penopang Utama Ekonomi Bangsa

Foto istimewa

SERANG – Penjabat Sekretaris Daerah Banten Ino S Rawita menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi dan Bimtek Bisnis Kewirausahaan dan Start Up yang digelar oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) bekerja sama dengan Ikatan Cendekiawan Muda Indonesia (ICMI) Korwil Banten di Aula Gedung Prof KH M Sadjili Hasan Kampus UIN SMHB, Serang, Selasa (11/12/2018).

Acara sosialisasi ini di ikuti anggota koperasi dan pelaku UMKM yang ada di Provinsi Banten.

Dalam sambutannya Sekda Banten Ino S Rawita mengatakan hingga saat ini bahwa partisipasi usaha kecil adalah penopang utama ekonomi bangsa. Maka itu UMKM harus terus tumbuh dan berkembang.

“Usaha pendampingan terhadap pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta koperasi merupakan langkah strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian masyarakat, khususnya melalui akses permodalan bagi kelompok usaha kecil dan menengah guna mengurangi kesenjangan dan tingkat kemiskinan,” kata Ino.

Lebih lanjut Ino mengatakan perekonomian di Indonesia terus bisa berkembang melalui program UMKM dan peran serta masyarakat sangat penting untuk mengembangkan UMKM.

“Dasar utama ekonomi adalah partisipasi semua elemen, karena Provinsi Banten punya segalanya maka masyarakat harus terlibat dan Banten bisa lepas landas untuk memajukan perekonomian seluruh masyarakat khususnya masyarakat Banten itu sendiri,” ujarnya.

Selain itu Ino juga berharap agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh para pelaku koperasi dan UMKM di banten dalam memahami materi dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya yang diberikan narasumber.

“Nantinya diharapkan dapat memperoleh bantuan dana bergulir sebagai modal usaha. Sehingga dengan langkah yang demikian, eksistensi koperasi dan UMKM, benar-benar mampu mewujudkan peningkatan kesejahteraan anggota, masyarakat dan perekonomian Provinsi Banten,” tandasnya.

Pemprov Banten, kata Ino menyambut secara antusias program Bimtek LPDB-KUMKM di wilayahnya. “Ini kesempatan baik dan harus disambut secara cepat oleh pelaku koperasi dan UMKM di Banten. Pelaku koperasi dan UMKM harus cermat menyimak Bimtek ini. Yang belum paham silakan bertanya agar paham,” lanjutnya.

Ketua ICMI Orwil Banten Prof Lili Romli mengatakan bahwa partisipasi masyarakat harus utuh dalam mengembangkan UMKM.

”Demokrasi di Indonesia itu tidak hanya demokrasi politik saja, akan tetapi demokrasi yang dibarengi oleh demokrasi ekonomi, karena gerakan UMKM sangat penting bagi kemajuan suatu negara dalam bidang ekonominya. Dan ICMI juga siap menjadi mitra untuk penyaluran dana LPDB,” jelaj Lili dalam sambutannya.

Menurutnya saat ini ada sekitar 450 Miliar dana yang akan di gulirkan untuk masyarakat dari pemerintah pusat “Kesiapan pengelolaan dana harus akuntabel dan amanah agar dana tersebut bisa maksimal di manfaatkan,” ungkapnya. (Red)